Sering Buat Risih dan Tak Nyaman, Gunakan 5 Bahan Alami untuk Hilangkan Ketombe

Minggu 01-09-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak hanya wanita, pria juga kerap berurusan dengan ketombe. Ketombe adalah salah satu permasalahan kulit kepala yang kerap membuat risih.

Penyebab munculnya ketombe sendiri antara lain karena keringnya kulit kepala, sering terpapar sinar UV, adanya jamur Malassezia serta penumpukan sel kulit kepala yang mati. 

Nah agar tidak iritasi, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pria untuk menghilangkan ketombe menggunakan bahan alami.

1. Baking Soda

Bahan ini diklaim mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan ketombe. Cara menggunakannya cukup sederhana.

Anda bisa menggosok dan memijat kulit kepala dengan baking soda. Baking soda mampu menghambat pertumbuhan jamur dan juga mencegah kulit kepala gatal.

BACA JUGA:Termasuk Obat Penenang, Ini Kegunaan Obat Mersi Yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Cara Jitu dan Efektif Mengatasi Gigi Ngilu

2. Sari Lemon

Lemon mempunyai kadar asam yang mampu menjaga kesehatan kulit kepala.

Senyawa pada lemon mampu mencegah sisa jamur penyebab ketombe di kulit kepala. Lemon bahkan dapat membunuh bakteri dan jamur di kulit kepala Anda.

3. Cuka Sari Apel

Penelitian menunjukkan bahwa cuka sari apel mampu menghilangkan ketombe yang tidak sedap. Cuka sari apel mengandung senyawa yang dapat melindungi kulit kepala dari bakteri dan jamur penyebab ketombe.

Bahkan cuka sari apel mampu menghilangkan rasa gatal pada kulit kepala akibat ketombe.

Campurkan 1 bagian cuka apel dengan 1 bagian air. Oleskan campuran ini pada kulit kepala dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air. Cuka apel membantu menyeimbangkan pH kulit kepala dan memiliki sifat antimikroba.

Kategori :