Ini Manfaat Hidup Minimalis, Berikan Dampak Baik Untuk Finansial Hingga Kesehatan Mental

Sabtu 17-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini hidup minimalis menarik untuk diterapkan karena hidup jadi lebih hemat dan bermanfaat.

Tren hidup minimalis memang bukan hal baru, awalnya konsep minimalis terkenal di bidang seni dan arsitektur, namun lambat laun melebar menjadi gaya hidup.

Hidup minimalis sendiri berasal dari kata minimalis yang memiliki makna gaya hidup yang berfokus untuk meminimalkan gangguan yang bisa menghalangi kamu melakukan hal-hal yang sebenarnya penting.

Dengan hidup minimali, kita dapat hidup dengan hal-hal yang kita butuhkan, meskipun tidak banyak tapi berkualitas. 

BACA JUGA:Ketahui 6 Aturan Cheating Day saat Jalani Program Diet

Gaya hidup minimalis sifatnya sangat personal, setiap orang yang menjalankannya punya penerapan yang berbeda-beda, karena pola pikir dan kebutuhan yang beda juga.

Tertarik mencoba gaya hidup yang satu ini? Yuk, cari tahu dulu apa, sih manfaatnya menerapkan pola hidup yang satu ini. Berikut manfaat yang perlu kamu ketahui. 

1. Lebih sehat secara finansial

Minimalism membantu kita lebih tahu mana kebutuhan dan mana keinginan. Hidup minimalis mengajarkan kita untuk lebih selektif dalam membeli barang, sehingga dapat membantu menghemat uang dan mengurangi hutang.

Sehingga, uang yang ada bisa dipakai untuk hal lain yang bikin kita lebih bahagia, misalnya untuk melakukan hobi. Atau untuk hal yang benar-benar penting seperti, tabungan pendidikan anak, asuransi kesehatan, tabungan pensiun, dan lainnya.

BACA JUGA:Olahraga Para Artis, Ini Dia 7 Manfaat Olahraga Berkuda untuk Kesehatan

BACA JUGA:Ini Dia 7 Cara Melahirkan Normal Tanpa Rasa Sakit

2. Mengurangi stres

Hidup minimalis memiliki manfaat untuk mengurangi stres.  Dengan memiliki lebih sedikit barang, lingkungan sekitar menjadi lebih rapi dan terorganisir, yang dapat mengurangi rasa stres dan kecemasan.

Dalam menjalani hidup minimalis kita juga bisa mengurangi pengeluaran yang seharusnya dikeluarkan. Karena pada prinsipnya hidup minimalis membeli apa yang dibutuhkan jadi uang masih tersimpan dengan aman dan bisa digunakan sewaktu-waktu. 

Kategori :