Tingkatkan Minat Baca dan Literasi Anak SD, Pemkot Bengkulu Gelar Lomba Bercerita

Rabu 14-08-2024,17:12 WIB
Reporter : Firman Triadinata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melaksanakan lomba bercerita guna meningkatkan minat baca dan literasi serta seni bercerita anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat.

Untuk peserta yang mengikuti lomba tersebut berasal dari berbagai SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang ada di Kota Bengkulu yang mempresentasikan cerita dengan berbagai tema, mulai dari dongeng lokal hingga fiksi. 

"Kompetisi ini bertujuan menggali dan mengembangkan bakat bercerita anak-anak serta meningkatkan minat mereka terhadap literasi dan seni bercerita," kata Penjabat (Pj)  Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu Eko Agusrianto. 

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Optimis Capai Target Investasi Rp3,5 Triliun

Kegiatan tersebut juga untuk menekankan pentingnya budaya membaca dan literasi dalam membentuk keterampilan komunikasi yang esensial untuk kepemimpinan. 

Selain itu, kata dia, budaya membaca juga dapat menciptakan generasi yang kaya literasi dan pengetahuan.

Untuk itu ia mengajak seluruh guru dan orang tua di Kota Bengkulu terus memberikan motivasi dan melakukan pengawasan terhadap anak-anak agar dapat meningkatkan pengetahuan.

"Kita punya tanggungjawab yang besar, karena kita lah yang akan mengantarkan anak-anak menuju generasi emas," kata Eko Agusrianto.

BACA JUGA:Mengunjungi Jaman (54), Pengrajin Olahan Bambu di Bengkulu Tengah dengan Omzet Jutaan Rupiah

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Bengkulu Mukhlis menyebutkan jumlah peserta tahun ini meningkat menjadi 55 peserta dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya puluhan anak.

Untuk peserta yang dinyatakan memenangkan perlombaan, nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional pada tahun depan.

"Dengan kegiatan ini diharapkan akan muncul bintang-bintang muda bercerita yang dapat mengharumkan nama Kota Bengkulu di tingkat nasional," kata Muchlis. (imn)

Kategori :