Kenali 9 Manfaat Bunga Lavender, Ampu Usir Nyamuk Secara Alami

Rabu 14-08-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

2. Mengatasi kecemasan

Aroma dari bunga lavender juga mampu memberikan efek menenangkan pikiran dan memperbaiki suasana hati, sehingga bisa dimanfaatkan untuk meredakan stres dan rasa cemas.

Penelitian menunjukkan bahwa aroma lavender dapat menurunkan tingkat kortisol, hormon yang berhubungan dengan stres. Menghirup aroma lavender atau menggunakan minyak lavender dalam pijatan dapat membantu meredakan perasaan cemas.

BACA JUGA:Ini 5 Pantangan Amandel yang Perlu untuk Diketahui, Salah Satunya Makanan Pedas

BACA JUGA:Berisiko Kematian, Waspadai 7 Bahaya Tidur Pagi Terhadap Kesehatan Tubuh

3. Meredakan insomnia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghirup aroma bunga lavender dapat meningkatkan hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur dan memicu rasa kantuk.

Dahulu, bunga lavender dimasukkan ke dalam bantal sebagai aromaterapi agar penderita insomnia dapat tertidur dan mendapat kualitas tidur yang baik.

Namun, kini Anda bisa memperoleh manfaatnya dengan mengoleskan produk perawatan tubuh dari lavender atau mengonsumsi teh dari ekstrak lavender sebelum tidur.

4. Merawat kulit kepala 

Lavender dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengatasi masalah kulit kepala seperti ketombe. Minyak lavender sering dicampur dengan minyak pembawa untuk digunakan sebagai perawatan kulit kepala.

BACA JUGA:Rutin Jadi Pendonor? Ini Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

BACA JUGA:Fantastis! Xiaomi Dikabarkan Akan Miliki HP dengan Kapasitas Baterai 7.500 mAh

5. Mengurangi sakit kepala

Sebuah studi menunjukkan bahwa menghirup aromaterapi dari minyak esensial lavender selama 15 menit dapat mengurangi kekambuhan dan rasa sakit akibat migrain. 

Akan tetapi, penelitian ini masih berskala kecil sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitasnya.

Kategori :