Kenali 9 Manfaat Bunga Lavender, Ampu Usir Nyamuk Secara Alami

Rabu 14-08-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bunga lavender telah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai budaya karena keindahannya, aroma yang menenangkan, dan manfaat kesehatannya. 

Dikenal dengan warna ungu yang khas dan aroma yang harum, lavender menjadi salah satu tanaman herbal yang paling populer di dunia. 

Tidak hanya sekadar tanaman hias, bunga lavender memiliki banyak manfaat yang beragam, mulai dari perawatan kesehatan hingga kecantikan, bahkan sebagai bahan dalam kuliner.

Lavender terkenal dengan kemampuannya dalam memberikan efek menenangkan, sehingga sering digunakan dalam aromaterapi untuk mengurangi stres dan kecemasan.

BACA JUGA:Ramuan untuk Membersihkan Liver, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

BACA JUGA:Sering Kelelahan dan Nyeri Sendi, Ketahui 6 Gejala Penyakit Autoimun yang Umum Terjadi

Selain itu, bunga ini juga memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk kulit dan kesehatan secara umum. 

Dari produk perawatan kulit hingga teh herbal, lavender menjadi bahan alami yang serbaguna dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan begitu banyak manfaat yang ditawarkan, tidak heran jika lavender menjadi favorit dalam berbagai tradisi kesehatan alami. Berikut ini adalah berbagai manfaat yang dimiliki bunga lavender yang perlu diketahui.

1. Pengusir Serangga dan Mencegah gigitan nyamuk

Aroma lavender yang kuat juga efektif sebagai pengusir serangga, seperti nyamuk dan ngengat. Lavender sering digunakan dalam lilin, minyak, atau kantong sachet untuk menjaga rumah bebas dari serangga.

BACA JUGA:Ragu dengan Obat-obat Apotek? Berikut Bahan Alami Panu yang Ampuh Obati Panu

BACA JUGA:Baik Untuk Kesehatan Enzim, dr Zaidul Akbar Sarankan Konsumsi Makanan Ini Setiap Hari

Aroma bunga lavender sudah lama dikenal sebagai pengusir nyamuk. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa minyak esensial lavender dapat mencegah gigitan nyamuk selama 8 jam.

Anda dapat memperoleh manfaat tersebut dengan menggunakan diffuser. Alat ini mampu mengubah minyak esensial lavender menjadi uap wangi yang akan menyebar di udara.

Kategori :