Simak 6 Penyebab Area Kepala Sering Berkeringat, Waspada Gejala Penyakit Serius

Minggu 11-08-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berkeringat merupakan hal yang normal terjadi pada setiap orang. Badan yang berkeringat bisa disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya adalah aktivitas yang padat pada kondisi cuaca yang panas. 

Normalnya berkeringat terjadi pada bagian tubuh seperti punggung.  Akan tetapi, bagaimana kalau Anda sering berkeringat, terutama di area wajah dan kepala? 

Hal ini tentu sangat mengganggu. Lantas, apa penyebab munculnya keringat pada wajah dan bagaimana cara ampuh mengatasinya?

Berbagai penyebab sering berkeringat di kepala dan wajah. Penyebab berkeringat berlebihan atau disebut hiperhidrosis sebenarnya belum diketahui secara pasti yang membutuhkan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA:Hanya Diproduksi Setelah Melahirkan, Inilah 10 Manfaat Kolostrum untuk Kesehatan Bayi

BACA JUGA:Tak Perlu Pakai Obat, Dr Zaidul Akbar Bagikan 3 Cara untuk Menghilangkan Jerawat

Namun, hal ini berkaitan dengan respons berlebihan dari kelenjar keringat saat otak mengirimkan sinyal untuk mendinginkan tubuh.

Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab sering berkeringat di kepala dan wajah.

1. Infeksi

Sering berkeringat di kepala dan wajah dapat dipengaruhi oleh infeksi, seperti infeksi bakteri, virus, atau parasit. Hal ini biasanya terjadi karena respons imun tubuh terhadap infeksi.

Saat tubuh berusaha melawan infeksi, suhu tubuh dapat meningkat. Kondisi ini dapat memicu mekanisme tubuh untuk mengatur suhu, termasuk meningkatkan produksi keringat.

BACA JUGA:Bisa Jadi Indikasi Gangguan Kesehatan, Ini Penyebab Kuku yang Mudah Lepas

BACA JUGA:Ragu dengan Obat-obat Apotek? Berikut Bahan Alami Panu yang Ampuh Obati Panu

2. Obesitas

Selain infeksi salah satu penyebab keringat berlebih dikepala dalah obesitas. Obesitas dapat menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami keringat berlebihan, terutama di area tertentu pada tubuh, seperti keringat di wajah dan kepala.

Kategori :