Ini Dia 6 Cara Efektif Usir Lalat dengan Bahan Alami

Kamis 08-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Menggunakan lilin serai menawarkan perlindungan dari serangga. Nyalakan lilin serai dan kibaskan asap di sekitar area yang terinfeksi untuk mengusir lalat dan serangga lainnya. 

4. Semprotan pengusir lalat buatan sendiri

Campurkan sabun cuci piring, air, soda kue, dan cuka dalam botol semprot. Gunakan beberapa tetes sabun cuci piring dan satu sendok makan untuk setiap bahan lainnya.

Lalu, semprotkan di tempat lalat biasa terlihat, seperti kamar mandi, dapur, dan dekat tempat pembuangan sampah di dapur. 

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Ular Naga Laut Pantai Selatan

5. Semprotan pembasmi lalat buatan sendiri

Campuran setengah cangkir air, setengah cangkir isopropil alkohol, dan satu sendok teh cairan pencuci piring dapat diisikan ke dalam botol semprot. Campuran ini dapat disemprotkan langsung pada lalat untuk membunuhnya.

6. Kantong plastik isi air

Cara terkahir yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan kantong plastik yang di isi air. Teknik ini mungkin terdengar sederhana, tetapi ternyata menjadi cara mengusir lalat yang direkomendasikan oleh sejumlah ahli entomologi. 

Lalat memiliki mata majemuk, dengan sekitar 3.000 lensa pada setiap mata. Biasanya, hal ini akan menguntungkan mereka karena memungkinkan mereka mendeteksi gerakan dan mengubah pola cahaya.

Mengisi kantong plastik bening dengan air dan menggantungnya di luar, misalnya di sekitar pintu,  akan membuat lalat pergi. Sebab, air memantulkan cahaya ke segala arah. Namun, karena metode ini bergantung pada cahaya, metode ini hanya berfungsi pada siang hari.

BACA JUGA:Simak 7 Cara Memotong Kuku yang Benar agar Terhindar dari Risiko Gangguan Kesehatan

Itu tadi cara mengusir lalat yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan bahan alami. Semoga informasi di atas bisa membantumu untuk mengusir lalat di rumah. 

Kategori :