Ini Dia 6 Cara Efektif Usir Lalat dengan Bahan Alami

Kamis 08-08-2024,16:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Lalat adalah serangga yang sering kali menjadi gangguan di rumah, terutama karena mereka dapat membawa penyakit dan mencemari makanan. Mengusir lalat secara efektif memerlukan kombinasi dari pencegahan dan penanganan aktif.

Artikel ini akan memberikan kamu informasi terkait cara mengusir lalat secara efektif. Yuk, simak penjelasannya pada ulasan di bawah ini. 

Lalat dapat membawa virus dan bakteri, bertelur, dan buang air besar di permukaan yang menjadi tempat hinggapnya. Tak hanya itu, serangga satu ini juga dapat menyebabkan keracunan makanan, infeksi bakteri E. coli, disentri, kolera, demam tifoid, TBC, dan sejumlah alergen lainnya dengan mencemari air dan makanan.

Kamu bisa menggunakan semprotan pestisida atau formula kimia lainnya untuk mengusir lalat. Namun, bahan-bahan pestisida yang kuat dapat berbahaya bagi rumah dan keluarga.

Nah, sebagai alternatif kamu bisa menggunakan bahan alami untuk mengusir lalat secara alami. Apa saja bahanhya? Berikut penjelasnnya.

BACA JUGA:Kontroversi Kacang Kedelai Terkait Alergi dan Kesuburan! Ini Faktanya

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel dapat bermanfaat untuk mengusir lalat secara alami. Cuka apel merupakan bahan yang bisa kamu jumpai dengan mudah di rumah. Bagaimana cara menggunakannya. 

Kamu bisa mencampurkan sendok makan cuka sari apel, beberapa tetes sabun cuci piring, dan satu sendok makan gula dapat dicampur dalam mangkuk dan ditempatkan di area yang sering dihinggapi lalat. Misalnya dapur atau kamar mandi. Campuran ini dapat menjebak lalat dan membuatnya tenggelam.

2. Perangkap buah

Untuk mengusir lalat secara alami kamu bisa menggunakan perangkap buah. Buah yang membusuk dapat ditempatkan di dalam toples yang ditutup dengan bungkus plastik berlubang. 

Lalat tertarik pada buah busuk, sehingga ia akan masuk ke dalam toples, terjebak di dalamnya, dan tidak dapat melarikan diri.

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Elang Api Abadi, Ini Uraiannya

3. Asap citronella atau serai

Kamu mungkin sudah akrab dengan minyak serai sebagai pengusir nyamuk alami. Namun, asap dari lilin sereh juga efektif melawan serangga lain. 

Kategori :