Sering Terkena Mental di Kantor, Simak 5 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja

Kamis 08-08-2024,20:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kesehatan mental di lingkungan kerja adalah aspek penting yang mempengaruhi kesejahteraan karyawan dan produktivitas organisasi. 

Mengelola kesehatan mental dengan baik di tempat kerja dapat meningkatkan kepuasan kerja, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan efisiensi serta kreativitas. 

Namun, biasa beban kerja berlebihan, jadwal padat, dan lingkungan kerja yang tidak mendukung justru dapat menyebabkan stres. Stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari dan bahkan berujung pada depresi.

Nah, untuk mengatasinya, kamu dapat menerapkan beberapa cara menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja. Dengan begitu, kamu bisa lebih produktif dalam bekerja tanpa terbebani stress. Berikut ulasannya!

Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja:

BACA JUGA:Kontroversi Kacang Kedelai Terkait Alergi dan Kesuburan! Ini Faktanya

1. Luangkan waktu beristirahat

Salah satu cara menjaga kesehatan mental dilingkungan kerja adalah meluangkan waktu beristirahat. Beristirahat dapat sangat membantu menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja. 

Cobalah untuk mengambil jeda beberapa menit dari tugas yang sedang kamu kerjakan atau menikmati waktu istirahat makan siang di kantor dengan tenang. 

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan waktu akhir pekan untuk beristirahat dan menyegarkan pikiran. Memberikan dirimu waktu untuk diri sendiri adalah langkah penting dalam mengelola stres. Jika stres mulai terasa tidak tertahankan, jangan ragu untuk mengambil cuti kalau memang perlu.

2. Bangun hubungan yang baik dengan rekan kerja

Kunci terpenting dalam menjaga kesehatan mental di lingkungan kerja adalah membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja dapat sangat berpengaruh pada kesehatan mental di tempat kerja.

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Elang Api Abadi, Ini Uraiannya

Ini karena terhubung dengan orang-orang di sekitar kamu tidak hanya membantumu mendapatkan koneksi profesional, tetapi juga dapat membuat suasana kerja menjadi lebih menyenangkan dan membuat pikiran lebih relaks. 

3. Mengikuti kegiatan dengan rekan kerja

Kategori :