Alami Sakit Gigi? Ini 7 Obat Alami Meredakan Sakit Gigi

Senin 05-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Untuk mendapatkan manfaat teh peppermint sebagai obat sakit gigi alami, Anda bisa memasukkan kantung teh peppermint yang telah diseduh ke dalam freezer selama beberapa menit. Setelah itu, gigit kantong teh peppermint menggunakan gigi yang sakit.

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol yang bersifat sebagai antiseptik alami. Senyawa ini dapat meredakan rasa sakit dan mengurangi peradangan akibat sakit gigi.

BACA JUGA:Bikin Gak PD! Ini Penyebab Kepala Botak pada Pria dan Cara Mencegahnya

Untuk menjadikannya sebagai obat sakit gigi alami, Anda dapat mencampurkan 5 tetes minyak cengkeh dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Lalu, rendam kapas ke dalam larutan tersebut hingga minyak menyerap. Setelah itu, gigit kapas dengan gigi yang sakit selama 10 menit.

Selain dengan cara itu, Anda juga bisa mencampurkan 1 tetes minyak cengkeh ke dalam segelas kecil air untuk menjadikannya sebagai obat kumur. Dengan begitu, keluhan sakit gigi pun mereda.

5. Minyak kelapa

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit, minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Hal ini karena minyak kelapa memiliki sifat antibakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa sebagai obat sakit gigi alami, Anda bisa berkumur dengan 1 sendok makan minyak kelapa selama 15–20 menit, setiap pagi setelah Anda baru bangun tidur.

BACA JUGA:Gangguan Somatoform: Sakit Dikarenakan Stres

6. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri, serta membasmi bakteri penyebab sakit gigi. 

Obat sakit gigi alami ini bisa Anda gunakan dengan cara dikunyah langsung atau menggunakan air rebusan daun jambu biji sebagai obat kumur.

7. Siwak

Mengunyah siwak atau miswak diketahui dapat meredakan sakit gigi. Hal ini karena ranting dari pohon arak (Salvador persica) ini memiliki efek analgesik atau antinyeri dan dapat mengurangi bengkak pada gusi akibat sakit gigi.

Selain itu, obat sakit gigi alami satu ini juga memiliki efek antibakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab sakit gigi.

Kategori :