Alami Sakit Gigi? Ini 7 Obat Alami Meredakan Sakit Gigi

Senin 05-08-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Apakah kamu pernah mengalami sakit gigi? Hampir kebanyakan orang pernah mengalami sakit gigi, obat sakit gigi alami bisa menjadi penanganan pertama ketika mengalami sakit gigi, sehingga keluhan yang ditimbulkannya dapat segera mereda dan tidak berlarut-larut. 

Sakit gigi ditandai dengan munculnya rasa nyeri di dalam atau di sekitar gigi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gigi berlubang, gigi retak atau patah, tumbuh gigi, infeksi pada gusi, cedera, tambalan gigi rusak, masalah pada rahang, hingga infeksi sinusitis.

Jika tidak ditangani, keluhan sakit gigi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan memengaruhi kesehatan. Agar keluhan tidak makin berlarut-larut, Anda bisa mengonsumsi obat sakit gigi alami yang tersedia di rumah.

Untuk mengurangi keluhan tersebut, berikut ini adalah beberapa pilihan obat sakit gigi alami yang bisa Anda gunakan. 

BACA JUGA:Ini Perawatan Gigi dan Gusi yang Mudah dan Dapat dilakukan di Rumah

1. Bawang Putih

Khasiat bawang putih sebagai obat sakit gigi alami ini sudah lama diketahui. Hal ini karena bawang putih dipercaya mampu meredakan nyeri sakit gigi sekaligus membunuh bakteri penyebab plak gigi.

Untuk menjadikan bawang putih sebagai obat sakit gigi alami, Anda dapat menghaluskan 1 siung bawang putih, lalu mengoleskannya ke gigi yang sakit.

Tak hanya itu, untuk merasakan khasiat bawang putih tersebut, Anda juga dapat mengunyah bawang putih segar yang sudah dikupas menggunakan gigi yang sakit secara perlahan.

2. Garam

Anda bisa menjadikan garam sebagai obat sakit gigi alami. Caranya mudah, Anda cukup mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu gunakan larutan air garam tersebut sebagai obat kumur.

BACA JUGA:Begini Prosedur Transplantasi Rambut dan Risikonya

Air garam dapat menjadi disinfektan alami untuk mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Tak hanya itu, berkumur menggunakan air garam juga bisa membantu membuang sisa makanan dan kotoran yang menempel di antara gigi.

3. Teh peppermint

Selain bisa diminum, teh peppermint juga bisa dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi alami. Manfaat ini didapat berkat kandungan mentol di dalam teh peppermint yang mampu meredakan nyeri akibat sakit gigi.

Kategori :