Simak Manfaat Tahu Siklus Menstruasi, Bisa Mendeteksi Gangguan Kesehatan

Kamis 01-08-2024,11:07 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

3. Merencanakan KB Alami

Selain dapat merencanakan dan mengetahui umur kehamilan, mengetahui siklus menstruasi dapat bermanfaat jika Anda ingin merencanakan KB alami. 

Jika untuk mengusahakan kehamilan, Anda didorong untuk berhubungan intim di masa subur, maka anjuran untuk kontrasepsi alami adalah kebalikannya. 

BACA JUGA:Begini Cara Membersihkan Darah Haid di Sprei yang Efektif dan Efisien

Untuk menurunkan kemungkinan terjadinya kehamilan sebagai bentuk kontrasepsi alami, Anda bisa berhubungan di luar masa subur.

Namun tentunya, metode ini tidaklah seratus persen aman dan menjanjikan. Untuk lebih pasti, Anda bisa menggunakan metode KB lain sebagai penyerta.

4. Mendeteksi Penyakit Secara Dini

Sudah dijelaskan sebelumnya jika siklus menstruasi yang tidak teratur dapat menjadi gejala pada gangguan kesehatan. Kelainan pada siklus menstruasi bisa menjadi penanda adanya penyakit lain dalam tubuh. 

Nah, salah satu keuntungan mengetahui siklus haid adalah dapat mendeteksi penyakit secara dini. Hormon-hormon Anda mengontrol siklus menstruasi Anda. Haid yang tidak normal dapat menjadi gejala dari kelainan keseimbangan hormon.

BACA JUGA:10 Manfaat Cuka Apel, Salah Satunya Bisa Redakan Gejala PCOS

Lebih jauh lagi, kelainan pada kondisi hormonal tersebut dapat menjadi penanda dari penyakit pendasar lainnya, misalnya gangguan metabolik, seperti diabetes atau gangguan sistem saraf yang bertugas meregulasi keseimbangan hormon tersebut.

5. Merencanakan Belanja Bulanan

Manfaat mengetahui siklus menstruasi yang selanjutnya adalah merencanakan belanja bulanan. Meski terlihat sepele, tidak ada wanita yang menyukai pengalaman ‘tembus’ akibat tidak memakai pembalut di hari pertama haid, bukan? Tenang saja, kondisi tidak menyenangkan ini dapat Anda cegah dengan mudah jika Anda mengetahui siklus Anda.

Dengan mengetahui siklus mens, Anda bisa memprediksi kapan sebaiknya Anda mulai mengenakan pembalut untuk berjaga-jaga jika haid datang sewaktu-waktu. Anda pun bisa beraktivitas dengan tenang tanpa takut tiba-tiba ‘tembus’ di waktu yang tidak tepat.

BACA JUGA:Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang Saat Masa Kehamilan

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika Anda rajin mencatat siklus haid dan mengenali siklus dengan baik. Semoga membantu, ya. 

Kategori :