Kaya Akan Protein, Inilah Manfaat Hati Ayam yang Sering Dihindari

Selasa 30-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Meski hati ayam sering kali tidak dikonsumsi oleh sebagian orang karena takut akan berdampak pada kesehatan, organ yang satu ini ternyata memiliki manfaat jika diolah secara tepat. 

Hati ayam tak sekadar kaya protein, karbohidrat, dan lemak, organ dalam hewan ini juga mengandung mineral dan vitamin yang esensial bagi tubuh, seperti vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor.

Selain itu, hati ayam rendah kalori dibandingkan makanan kaya protein lainnya. Hati ayam dinilai baik untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi harian.

Ada beragam kandungan nutrisi hati ayam yang baik untuk kesehatan seperti, protein, energi, karbohidrat, berbagai macam vitamin, zat besi, lemak, fosfor, kalsium, kalium dan beta karoten. 

BACA JUGA:Mitos atau Fakta? Mandi Air Hangat Bisa Bantu Sembuhkan Pilek

Berkat kandungan nutrisi yang berlimpah, itulah mengapa hati ayam dapat memberikan manfaat untuk kesehatan. Sebagian besar manfaat tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi hati ayam yang diolah atau dimasak hingga matang.

Berikut ini adalah beberapa manfaat atau khasiat hati ayam untuk kesehatan.

1. Mencegah anemia dan kelelahan

Hati ayam memiliki manfaat yang baik untuk mencegah anemia. Hati ayam memiliki kandyungan vitamin B12 dan zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dapat mencegah anemia dan kelelahan.  

Hati ayam mengandung vitamin B12 dan zat besi saling bekerja memenuhi kebutuhan oksigen di dalam tubuh. Vitamin B12 ini berperan dalam pembentukan sel darah merah, sedangkan zat besi membantu mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:Ini Dia Alasan di Balik Penggunaan Minyak Telon Bayi

Saat tubuh kekurangan vitamin B12 dan zat besi, produksi sel darah merah serta pasokan oksigen otomatis bisa terlambat sehingga bisa menimbulkan gejala anemia.

Menurunya produksi sel darah merah juga menyebabkan tubuh rentan mengalami kelelahan.

2. Menjaga berat badan dan kecukupan nutrisi

Hati ayam cocok menjadi pilihan bagi Anda bila mencari sumber protein yang rendah kalori. Dibandingkan dengan sumber protein lain, kalori makanan di dalam hati ayam cenderung lebih rendah.

Kategori :