Inilah Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Agar Tidak Mudah Lapar

Senin 29-07-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Asupan karbohidrat sederhana, seperti makanan manis atau minuman tinggi gula, memang bisa memberikan energi dengan cepat.

Pasalnya, jenis karbohidrat ini lebih mudah dicerna dan diubah menjadi energi. Tak hanya itu, asupan karbohidrat sederhana juga meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

BACA JUGA:Hati-Hati! Berat Badan Turun Drastis Justru Berbahaya Bagi Kesehatanmu

Meski begitu, energi dan kadar gula darah bisa berkurang drastis. Penurunan kadar gula darah inilah yang menjadi penyebab Anda merasa lapar.

3. Roti-rotian

Hampir semua roti-rotian akan membuat perut cepat lapar dan ingin makan terus menerus salah satunya roti tawar putih. Roti yang satu ini adalah salah satu makanan favorit saat sarapan. '

Namun jangan heran jika setelah mengkonsumsinya Anda justru merasa lapar dan ingin makan lagi. Hal tersebut terjadi karena roti tawar putih tidak mengandung serat atau nutrisi yang dapat membuat Anda kenyang.

Roti tawar putih mengandung karbohidrat olahan yang cepat dicerna menjadi gula oleh tubuh, sehingga menyebabkan tubuh melepaskan insulin dan membuat Anda cepat merasa lapar. 

Oleh karena itu, Anda lebih disarankan untuk mengkonsumsi roti gandum yang mengandung serat saat sarapan -untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA:Ingin Tubuh Atletis? Inilah Asupan Nutrisi yang Dibutuhkan

4. Sereal

Meski sering dijadikan alternatif makanan yang bagus untuk program penurunan berat badan. Sama halnya dengan roti tawar putih, konsumsi sereal saat sarapan juga dapat membuat Anda merasa cepat lapar. 

Hal tersebut terjadi karena sereal mengandung banyak gula yang akan cepat dicerna oleh tubuh sehingga membuat Anda cepat lapar.

5. Jus buah

Sama halnya dengan sereal, tidak banyak yang sadar jika mengonsumsi jus buah saat program diet dapat membuat perut lebih cepat lapar. Ini dikarenakan jus buah sering kali disajikan dengan tambahan gula, air, dan disaring.

Hal tersebut justru dapat mengurangi kandungan serat dalam buah yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Konsumsi satu gelas jus buah ternyata dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, kemudian menurunkannya secara cepat, sehingga menimbulkan perasaan lapar.

Kategori :