Harus Dipertimbangkan, Inilah 6 Akibat Pernikahan Dini untuk Kesehatan Mental dan Fisik Usia Muda

Senin 29-07-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Dampak lainnya adalah pasangan yang mengalami kecanduan, entah itu merokok, menggunakan narkoba, mengonsumsi minuman beralkohol, hingga judi. Alasannya pun sangat sederhana, yaitu mengurangi stres dan beban pikiran yang memang seharusnya belum menjadi tanggungan mereka. 

Selain itu, remaja memang masih belum mengetahui dengan baik bagaimana cara yang tepat dan sehat untuk mencari solusi atau mengekspresikan emosi ketika sedang mengalami stres akibat permasalahan rumah tangga. 

BACA JUGA:Takut Jeansmu Pudar saar Dicuci? Begini Cara Mudah Membersihkannya

6. Peningkatan risiko infeksi menular seksual

Aktivitas seksual, termasuk berhubungan intim yang berlangsung pada pasangan yang masih belum berusia 18 tahun akan lebih tinggi risikonya untuk mengalami berbagai masalah infeksi menular seksual.

Ini termasuk HIV atau sifilis. Kamu bisa membaca apa saja jenis infeksi menular seksual dari artikel Ketahui Jenis-Jenis Penyakit Menular Seksual

Tentu, hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Pasangan yang melakukan pernikahan dini umumnya minim mendapatkan dukasi seks yang aman. Selain itu, sosialisasi kepada orang tua dan masyarakat untuk menggunakan alat kontrasepsi ketika berhubungan intim yang juga masih rendah. 

Itulah sejumlah dampak negatif pernikahan dini yang sebaiknya diketahui agar dapat melakukan pertimbangan saat hendak melaksanakannya. 

Kategori :