Sering Terjadi pada Masa kehamilan dan Proses Melahirkan, Simak 5 Penyebab Umum Ambeien pada Wanita

Selasa 23-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BACA JUGA:Tak Hanya Buahnya, Intip Ragam Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

4. Mengejan saat buang air besar

Tak hanya pada pria, sembelit, mengejan, atau duduk dalam waktu yang lama dapat memperlambat aliran darah dan meningkatkan tekanan di pembuluh darah anus. 

Akibatnya, darah pun bisa menggumpal dan menyebabkan ambeien. Risiko ambeien ini bisa meningkat pada wanita bila ia sedang hamil atau menstruasi.

3. Siklus menstruasi

Penyebab ambeien pada wanita juga sering karena siklus menstruasi. Tidak sedikit wanita yang mengeluh mengalami gangguan pencernaan selama siklus ini, termasuk sembelit, perut kembung, atau diare.

Keluhan tersebut normal terjadi. Pasalnya, tepat sebelum ovulasi, hormon progesteron meningkat di dalam tubuh dan memengaruhi kerja sistem pencernaan. Penumpukan hormon ini dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan masalah usus.

BACA JUGA:Waspada Sebabkan Kematian, Inilah Bahaya Konsumsi Kecubung

Selain itu, setelah masa ovulasi, rahim melakukan “pembersihan” untuk mempersiapkan periode menstruasi sehingga menghasilkan lebih banyak kotoran dari biasanya.

Berat ekstra dari kotoran yang menumpuk di usus dapat menekan pembuluh darah di anus sehingga sulit untuk mengalirkan darah. Selain itu, mengejan saat buang air besar juga akan menambah lebih banyak tekanan di anus.

5. Penuaan

Penyebab ambeien pada wanita juga bisa karena faktor penuaan. Perlu diketahui bahwa jaringan ikat yang menopang dan menahan ambeien atau wasir akan melemah seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, ambeien bisa rentan membengkak.

Pada wanita yang memiliki banyak faktor risiko ambeien, termasuk sering mengangkat benda berat, mengejan, atau sembelit, keluhan ini bisa lebih sering terjadi.

BACA JUGA:Tak Hanya Buahnya, Intip Ragam Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan

Nah, itulah beberapa penyebab ambeien pada wanita. Dengan mengetahui beberapa penyebab ambeien pada wanita, kamu dapat melakukan pencegahan sebelum masalah ini terjadi. 

Kategori :