Sering Terjadi pada Masa kehamilan dan Proses Melahirkan, Simak 5 Penyebab Umum Ambeien pada Wanita

Selasa 23-07-2024,15:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tak hanya terjadi pada pria, ambeien juga kerap menjadi salah satu permasalahan kesehatan untuk para wanita. Penyebab ambeien pada wanita umumnya karena kehamilan atau setelah proses melahirkan.

Ambeien merupakan  pembesaran atau pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus atau rektum (tempat penyimpanan kotoran). Kondisi ini terjadi akibat tekanan ekstra pada pembuluh darah tersebut yang memperlambat aliran darah.

Sudah dijelaskan sebelumnya, meski terjadi pada pria, tetapi biasanya ambeian lebih sering terjadi pada wanita. Kondisi ini umumnya terjadi jika sembelit, suka mengejan, atau duduk terlalu lama. 

BACA JUGA:Ternyata Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Caranya

Namun, penyebab ambeien pada wanita bisa didukung karena kondisi tertentu atau perubahan hormonal. Selain karena hormonal, ada beberapa penyebab ambeien pada wanita yang umum terjadi. 

Lantas, apa saja penyebab ambeien pada wanita? Yuk, cari tahi tahu jawabannya pada ulasan berikut ini. Berikut beberapa penyebab ambeien yang perlu kamu ketahui. 

1. Kehamilan

Ambeien pada wanita dapat disebabkan oleh kehamilan. Penyebab ambeien pada wanita yang paling sering terjadi adalah kehamilan.

Ambeien biasanya dialami oleh ibu hamil saat memasuki trimester ketiga. Pada usia kehamilan ini, rahim bertumbuh besar sehingga memberikan tekanan berlebih pada panggul serta pembuluh darah di sekitar anus dan rektum. 

BACA JUGA:Waspada Sebabkan Kematian, Inilah Bahaya Konsumsi Kecubung

Akibatnya, pembuluh darah di anus tidak mampu mengalirkan darah semudah biasanya sampai alirannya melambat dan menyebabkan pembengkakan serta gejala ambeien.

2. Proses melahirkan

Selain masa kehamilan, proses melahirkan bisa menjadi penyebab ambeien pada wanita. Mengejan untuk mendorong bayi keluar dapat memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah di sekitar anus atau rektum. 

Ambeien setelah melahirkan biasanya dialami oleh wanita yang membutuhkan waktu mengejan lebih dari 20 menit selama persalinan.

Pernah mengalami sembelit selama kehamilan juga bisa meningkatkan risiko wanita mengalami ambeien setelah melahirkan, apalagi jika mengalami dehidrasi atau mengonsumsi obat pereda nyeri pascapersalinan.

Kategori :