Terbuat dari Bunga yang Dikeringkan, Inilah 5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan

Jumat 19-07-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu teh yang memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan adalah teh chamomille. Manfaat teh chamomile sudah dikenal sejak ribuan tahun silam. 

Sebenarnya, manfaat teh chamomile untuk kesehatan sudah cukup populer sejak zaman dahulu. Tidak heran bila banyak yang memanfaatkan tumbuhan ini untuk membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Lantas, apa saja manfaat teh chamomile bagi kesehatan yang sayang untuk dilewatkan? Yuk, simak penjelasan selengkapnya melalui ulasan di bawah ini.

Seperti namanya, teh chamomile adalah teh yang berasal dari bunga chamomile (Matricaria recuita)  yang dikeringkan. Terdapat dua jenis chamomile yang biasanya diolah menjadi teh, yaitu Matricaria chamomilla dan Chamaemelum nobile. 

BACA JUGA:Cara Mencegah Lapar di Malam Hari, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini

Chamomile sendiri mengandung bahan kimia yang disebut flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah informasi mengenai manfaat teh chamomile untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

1. Mengurangi Peradangan

Pada dasarnya, peradangan merupakan reaksi sistem imun tubuh ketika ada benda asing yang masuk ke dalam tubuh, misalnya patogen atau radikal bebas. 

Namun, peradangan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti radang sendi. 

Teh chamonile mengandung senyawa yang bersifat sebagai antiinflamasi (antiradang), sehingga dapat membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

BACA JUGA:Kenali 6 Manfaat Terong yang Perlu Diketahui

2. Meredakan gejala flu

Gejala flu biasa, seperti hidung tersumbat dan sakit kepala, bisa membuat Anda merasa tidak nyaman saat menjalani aktivitas atau bahkan tidur. 

Nah, untuk meredakan gejalanya, Anda bisa coba minum teh chamomile hangat. Khasiat antiradang yang dimiliki teh chamomile mampu mengurangi gejala dan mendukung proses pemulihan saat Anda terkena flu.

3. Mengurangi Nyeri Menstruasi

Kategori :