Arak-arakan Tabut Akhiri Event Festival Tabut Bengkulu

Selasa 16-07-2024,19:24 WIB
Reporter : Tri Yulianti
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Festival Tabut Bengkulu tahun 2024 resmi berakhir. Penutupan rangkaian festival tabut telah dilakukan pada Senin malam (15/7/2024) di Lapangan Merdeka, Kota Bengkulu.

Setelah ditutup, miniatur tabut itupun di arak dari Lapangan Merdeka,Kota Bengkulu ke Karbela, Padang Jati, Kota Bengkulu untuk melakukan proses tabut tebuang.

Penutupan tabut ini pun tak pernah sepi dan selalu menjadi tontonan bagi masyarakat Bengkulu.

Bahkan, sekolah di Kota Bengkulu diliburkan agar dapat menyaksikan dan memeriahkan rangkaian  tabut tebuang.

BACA JUGA:Selama Event Tabut, Pemkot Bengkulu Terima PAD Sampah Sebesar Rp21,1 Juta

Pantauan Bengkulu ekspress.com di lapangan, masyarakat Bengkulu telah memadati ruas jalan S Parman Kota Bengkulu sejak pukul 10.00 wib.


Masyarakat Bengkulu tumpah ruah saksikan tabut tebuang-(foto: tri yulianti)-

Sedangkan dari data yang dihimpun, rangkaian  tabut terbuang dilakukan oleh Kerukunan Keluarga Tabut pada pukul 13.30 wib di Balai Raya Semarak Kota Bengkulu.

Salah satu masyarakat Bengkulu yakni Sabrina, ketika ditemui mengaku sudah menanti sejak pagi tabut Bengkulu lewat di kawasan Simpang Skip Kota Bengkulu.

Pasalnya, Sabrina yang merupakan warga Bengkulu Utara ini merasa senang dan antusias ketika festival tabut di selenggarakan.

BACA JUGA:Penerbangan Perdana Rute Batam-Bengkulu akan Dibuka 9 Agustus Mendatang

"Sudah nunggu sejak pagi, karena dari Bengkulu Utara," ungkapnya.

Senada dengan Sabrina, Bela yang merupakan warga asal Kepahiang juga bersemangat untuk melihat tabut Bengkulu lewat di kawasan Simpang 5 Kota Bengkulu.

Menurutnya, tabut Bengkulu yang sudah masuk event nasional ini harus di apresiasi. Jika bukan dari warga Bengkulu sendiri maka siapa lagi yang akan mengapresiasi kebudayaan Bengkulu ini.

"Bangga sekali, di Bengkulu ada festival tabut. Karena secara nasional festival tabut sudah di akui dan harus kita pertahankan. Salah satu caranya adalah dengan turut memeriahkan festival tersebut," pungkas Bela. (Tri)

Kategori :