Teri, Ikan Mungil dengan Beragam Manfaat untuk Tubuh

Selasa 16-07-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ikan teri memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat ikan teri bagi kesehatan ada banyak walaupun ikan ini berukuran kecil. 

Bahkan, kandungan protein ikan teri jauh lebih tinggi daripada salmon. Ikan teri juga mudah diperoleh dan diolah menjadi ragam masakan dengan harga yang relatif terjangkau.

Ikan teri termasuk dalam keluarga Engraulidae yang memiliki lebih dari 140 spesies di dunia. Ikan yang berukuran sekitar 2–40 sentimeter ini memiliki cita rasa unik dan biasanya diolah dengan cara diasap, dikeringkan, atau diasinkan sebelum dinikmati. 

Manfaat ikan teri tidak terlepas dari kandungan nutrisinya seperti protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi dan vitamin B1 dan A. Ikan teri juga kaya akan selenium dan asam lemak omega-3. 

BACA JUGA:Waktu Terbaik untuk Tidur Malam, dr Zaidul Akbar Sarankan Minum Ini Sebelum Tidur

Bahkan, kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan teri tak kalah dengan ikan salmon, tuna, dan sarden. Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, manfaat ikan teri sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan teri yang bisa diperoleh

1. Memberi perlindungan pada Kulit 

Menambahkan ikan ini sebagai bagian rutin dari asupan harian dapat membantu menjaga kesehatan kulit serta mencegah munculnya jerawat dan kerutan yang terkait dengan penuaan dini. 

Selain itu, ikan ini juga dapat membantu melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. Alasan dibalik manfaat ini adalah karena asam lemak omega-3 yang ada di dalamnya. 

BACA JUGA:Enak dan Bernutrisi, Inilah 8 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Mengonsumsi asam lemak omega-3 dalam makanan juga dapat menurunkan lesi jerawat. Selain itu, asam lemak omega-3 juga bagus untuk Anda yang memiliki kulit kering dan gatal, yang disebabkan oleh masalah kulit serius seperti psoriasis.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan teri baik untuk menjaga kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah, menghambat pembentukan plak di pembuluh arteri, dan menurunkan tekanan darah. 

Untuk mendapatkan manfaat ikan teri ini, hindari mengolah ikan teri dengan cara digoreng dan diasinkan. Hal ini karena menggoreng ikan teri dapat meningkatkan kadar lemak jenuh dalam ikan. 

Kategori :