Jangan Digaruk, Begini Cara Mempercepat Penyembuhan Jika Terkena Cacar Air

Senin 15-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tepat dan berkonsultasilah dengan dokter atau apoteker jika perlu.

7. Konsumsi makanan bergizi

Asupan makanan yang sehat dan bergizi dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

Nutrisi yang ada pada makanan dan minuman akan mencegah cacar air bertambah banyak serta membantu mempercepat penyembuhan. 

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, serta menjaga hidrasi yang cukup dengan minum banyak air.

Hindari mengkonsumsi junk food yang bisa menurunkan daya tahan tubuh serta mengacaukan sel-sel pada jaringan tubuh yang rusak akibat cacar air.

BACA JUGA:Tips Cara Mencegah Stroke yang Bisa Dilakukan sejak Usia Muda

8. Istirahat yang cukup

Memberi tubuh istirahat yang cukup sangat penting untuk mempercepat proses penyembuhan. Hindari aktivitas yang berat dan cukup tidur agar sistem kekebalan tubuh dapat bekerja optimal. 

Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup sekitar 7 sampai 8 jam setiap malam untuk meningkatkan pembentukan jaringan baru pada kulit yang rusak akibat serangan virus.

9. Hindari kontak dengan individu yang rentan

Saat terkena cacar sebaiknya kamu menghindari kontak dengan orang yang terkena dampak. Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti bayi, ibu hamil, atau orang dengan kondisi medis tertentu, lebih rentan terhadap komplikasi akibat cacar air. 

Hindari kontak dengan individu-individu ini selama kamu masih mengidap cacar air, untuk mencegah penularan penyakit yang lebih serius pada mereka.

BACA JUGA:Jangan Lengah! Waspadai Stroke Infark yang Mengancam Usia Muda

10. Minum obat antivirus

Saat sakit, berkonsultasilah kepada dokter. Kemungkinan dokter akan meresepkan obat antivirus untuk mengobati cacar air agar tidak bertambah dan bisa cepat sembuh. Obat ini biasanya mampu mengurangi keparahan gejala yang diderita.

Kategori :