Simak 5 Trik Sederhana Saat Memotong Bawang Agar Tidak Perih dan Menangis

Kamis 11-07-2024,14:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian dari kamu mungkin pernah memotong bawang kemudian mata terasa pering dan mengeluarkan air seperti menangis.

Untuk sebagian orang yang masih asing dengan kegiatan memotong bawang akan merasa dan enggan mengulangnya lagi. 

Nah, sebenarnya penyebab mata perih dan berlinang karena bawang ini bukan berasal dari bau bawang melainkan karena  enzim lachrymatory-factor synthase, yang mengubah molekul-molekul ini menjadi sulfenic acid.

Di mana sulfenic acid, selanjutnya secara spontan melakukan pengaturan ulang untuk membentuk syn-propanethial-S-oxide.

BACA JUGA:Ternyata Menonton Drama Korea Baik untuk Kesehatan Mental

Ketika syn-propanethial-S-oxide (kombinasi dari asam sulfat, sulfur dioksida, dan hidrogen sulfida) memasuki udara di sekitar hidung dan wajah Anda, kelompok senyawa inilah yang membangkitkan refleks tangisan air mata.

Sebenarnya ada beberapa cara sederhana saat memotong bawang agar bawang tidak membuat mata perih dan mengeluarkan air mata. Berikut cara yang bisa Anda coba di rumah. 

1. Potong bawang dalam air

Tampak sedikit berbahaya, memang. Tapi, memotong bawang di bawah air akan mencegah senyawa sulfat untuk mencapai mata Anda dan menyebabkan Anda menangis. 

Jika Anda ingin mencoba metode ini, gunakan wadah ceruk yang datar dan lebar (seperti loyang panggangan) untuk memberikan ruang kerja maksimum atau coba tempatkan talenan Anda di wastafel dan memotong bawang di bawah air dingin yang mengalir.

BACA JUGA:Tips Diet Garam Untuk Hindari Stroke dan Penyakit Jantung

2. Bekukan bawang

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan membekukan bawang di dalam freezer selama 15 menit. 

Membekukan bawang akan mengurangi tingkat iritasi selama Anda memotong bawang nantinya, tetapi trik ini membuat memotong jadi lebih sulit (karena beku) dan akan sulit untuk mengupas lapisan kulit terluar bawang.

Atau, Anda bisa panaskan bawang selama beberapa detik dalam microwave sebelum memotongnya. Prinsipnya sama, suhu panas akan menghambat proses iritasi.

Kategori :