Waspada Pembengkakan Pada Tubuh, Inilah 8 Gejala Anemia pada Wanita yang Harus Diketahui

Selasa 09-07-2024,17:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Anemia lebih umum terjadi pada wanita dibandingkan pria, terutama karena beberapa faktor khusus yang mempengaruhi wanita.

Sebagian wanita sering kali mengalami anemia. Anemia pada wanita timbul akibat kadar hemoglobin berada di bawah batas normal. 

Ketika tubuh kekurangan hemoglobin, suplai darah yang kaya akan oksigen menuju organ dan jaringan tubuh dapat terganggu sehingga menyebabkan terjadinya anemia.

Kadar hemoglobin normal pada wanita adalah 12 g/dL. Memasuki usia produktif, yaitu sekitar 15–49 tahun, wanita akan lebih mudah mengalami penurunan kadar hemoglobin karena periode menstruasi yang menyebabkan wanita kehilangan banyak zat besi pada sel darah merah. 

BACA JUGA:3 Khodam Penjaga Rumah Tangga dari Kekuatan Jahat

Faktor-faktor lain juga bisa menjadi pemicu timbulnya gejala anemia pada wanita. Apa saja gejala anemia yang terjadi pada wanita? Berikut beberapa masalah kesehatan yang bisa menjadi tanda gejala anemia pada wanita. 

1. Kelelahan

Wanita yang sering sekali merasakan kelelahan kerena gejala anemia yang terjadi. Rasa lelah yang tidak biasa merupakan gejala anemia pada wanita yang paling umum. 

Tanpa hemoglobin yang cukup, otot dan jaringan tubuh akan kekurangan oksigen, sehingga jantung harus bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah. Kondisi ini membuat tubuh terasa lebih lelah dari biasanya.

2. Mudah Sakit kepala

Anemia dapat menyebabkan pusing atau sensasi berputar, terutama saat berdiri dengan cepat. Sakit kepala yang sering dan berulang-ulang bisa menjadi gejala anemia pada wanita. 

BACA JUGA:Ini Panduan Memilih dan Melatih Babysitter untuk Si Kecil

Hal ini mungkin berkaitan dengan kerja dopamin yang terganggu dan ketidakseimbangan kadar hormon estrogen, sehingga menimbulkan sakit kepala.

3. Kulit pucat

Kulit pucat adalah gejala umum yang dialami wanita jika mengalami anemia. Ketika wanita mengalami anemia dan kadar homoglobinnya menurun, pasokan oksigen untuk jaringan dan sel-sel tubuh dapat berkurang. 

Kategori :