Ini Dia 5 Tantangan Hidup yang Dihadapi Generasi Z yang Tidak Boleh Diremehkan

Kamis 20-06-2024,18:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Salah satu tantangan bagi meraka yang lahir di era 90 an hingga tahun 2000 an adalah ketidakpastian ekonomi. Generasi Z menghadapi tantangan ekonomi yang signifikan. 

Meskipun mereka tumbuh di era teknologi yang cepat berkembang, mereka juga harus menghadapi resesi ekonomi global dan ketidakpastian pasar kerja. Banyak dari mereka khawatir tentang prospek pekerjaan setelah lulus, utang pendidikan yang meningkat, dan kemampuan untuk mencapai stabilitas keuangan.

Kondisi ini menimbulkan kecemasan tentang masa depan finansial mereka dan mendorong mereka untuk mencari jalur karier alternatif atau berinovasi dalam menciptakan peluang kerja sendiri.

4. Persaingan Dunia Kerja

Harus diakui bahwa tantangan yang dihadapi oleh Generasi Z sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Permasalahan yang akan dihadapi oleh Generasi Z di masa depan tidak boleh dianggap remeh. 

Kecerdasan buatan (AI) dan kemajuan pesat digitalisasi terus mengubah mekanisme kerja di hampir semua sektor, termasuk industri manufaktur, perdagangan, dan jasa lainnya.

Perubahan ini membawa berbagai konsekuensi, seperti perubahan lanskap dunia kerja karena perubahan kualifikasi pekerja yang dibutuhkan oleh pasar. 

Oleh karena itu, menuju bonus demografi dalam satu atau dua dekade mendatang, Indonesia perlu merespons perubahan lanskap dunia kerja tersebut dengan program-program yang adaptif dan berfokus pada pengembangan kompetensi Generasi Z sebagai angkatan kerja masa depan.

BACA JUGA:Minyak Almond! Dikenal Sumber Lemak Sehat yang Kaya Manfaat

5. Ketidakpastian Pekerjaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dunia kerja mejadi tantangan terbesar bagi generasi Z karena generasi Z memiliki banyak pesaing dan sedikitnya lowongan pekerja membuat banyak generasi Z menjadi pengangguran. 

Akibatnya banyak Gen Z mengalami stres akibat ketidakpastian terkait karir. Hal ini juga di akibatkan gaji yang tidak sesuai dengan pengeluaran, penghasilan yang diterima sama saja dengan tahun sebelumnya tapi biaya hidup terus naik, membuat tekanan pada Gen Z bertambah berat. 

Nah, itulah dia beberapa tantangan yang harus di hadapi oleh generasi Z yang jika diperhatikan tenyata di era sekarang perkembangan digital menjadi salah satu tantangan terbesar yang harus di hadapi oleh genersi Z.  

Kategori :