Begini 9 Cara Sederhana yang Efektif Menghilangkan Ketombe Kering

Rabu 12-06-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Seperti menggunakan produk masker, serum, dan peeling yang dibuat khusus untuk kulit kepala dan rambut untuk menghidrasi dan membuatnya menjadi lebih sehat.

4. Memanfaatkan Bahan Alami

Jika Anda ingin mencoba cara yang lebih hemat, Anda bisa mencoba memanfaarkan bahan alami yang ada disekitas Anda. Terdapat berbagai bahan alami yang diyakini ampuh untuk mengatasi masalah ketombe kering.

Seperti, lidah buaya, jeruk nipis, lemon, daun sirsak, minyak kemiri, minyak zaitun, minyak almond, bawang merah, garam, tea tree oil, minyak kelapa.

Bahan-bahan alami tersebut bisa didapatkan dengan mudah dan diolah untuk digunakan sebagai masker atau scrub rambut.

BACA JUGA:Sering DiJadikan Manisan, Inilah 6 Manfaat Buah Cermai untuk Kesehatan

5. Menghindari Suhu Air yang Terlalu Panas

Menggunakan suhu air yang terlalu panas ketika akan mandi dan keramas dapat menyebabkan kulit kepala menjadi terasa kering dan lebih mudah terkena iritasi.

Maka dari itu, sebaiknya gunakan air suhu hangat atau dingin ketika akan keramas untuk menjaga kelembaban pada kulit kepala agar tetap seimbang.

6. Menjaga Kebersihan Alat Penata Rambut

Tidak lupa, alat-alat rambut yang selalu digunakan dalam keseharian seperti sisir dan sikat juga perlu untuk rutin dicuci dan dijaga kebersihannya.

Sebab alat-alat tersebut sangat rentan untuk ditinggali oleh kuman, jamur, dan residu dari produk rambut yang jika dibiarkan saja akan semakin memperburuk kondisi kulit kepala.

BACA JUGA:Terbuat dari Campuran Bahan Alami, Inilah 8 Manfaat Body Butter untuk Kesehatan Kulit

7. Menggunakan Produk Styling Secukupnya

Berbagai macam produk styling seperti gel, hairspray, wax, dsb sebaiknya dihindari dan digunakan pada rambut dalam takaran secukupnya saja.

Sebab produk-produk styling tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit kepala, menyebabkan munculnya ketombe kering, hingga mengganggu kondisi kesehatan rambut ketika digunakan secara berlebih dan setelah pemakaian tidak dibersihkan dengan baik. 

Kategori :