Menjelang Hari Raya Idul Adha, Simak 5 Cara Memilih Hewan Kurban Sesuai Sunah

Minggu 16-06-2024,10:53 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BACA JUGA:Selain Penawar Racun! Ini Manfaat Charcoal untuk Kesehatan Tubuh

Cara mudah untuk mengetahui usia hewan kurban adalah melalui catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik. Selain itu, Anda juga dapat melakukan metode cek gigi hewan yakni jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal tersebut menandakan ternak (kambing dan domba) telah berumur sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sekitar 22 bulan.

Hewan Kurban Tidak Cacat

Hal keempat yang perlu diperhatikan adalah hewan kurban harus sehat dan tidak dalam keadaan cacat. Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas.

Hewan ternak yang Anda pilih haruslah hewan ternak yang sehat cuping hidungnya basah, tetapi bukan karena flu. Selain itu lihat juga bulunya yang harus bersih dan mengkilap.

Cek juga pernafasan dan juga detak jantungnya. Lebih baik lagi jika Anda menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan tersebut.

Anda juga harus tahu hewan kurban menjadi tidak sah jika hewan tersebut mengalami buta sebelah atau jelas sekali kebutaanya. Jika tidak sah, maka hewan tersebut memiliki status sebagai daging biasa bukan menjadi kurban.

BACA JUGA:Buat Orangtua, Ini Dia 6 Manfaat Tomat untuk Anak yang Sayang untuk Dilewatkan

Hewan Kurban Tidak Kurus

Terakhir, kondisi fisik dari hewan kurban juga perlu diperhatikan, dan pastikan calon hewan kurban memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, dan bulu tidak kusam. Karena dengan nafsu makan yang baik dan lincah, otomatis kondisi hewan akan terlihat gemuk dan tidak seperti hewan yang memiliki penyakit.

Nah, itulah beberapa tips dan cara yang harus yang kamu perhatikan jika ingin membeli hewan kurban untuk hari raya Idul Adha nanti. Semoga bermanfaat. 

Kategori :