Dipercaya Memiliki Ragam Khasiat untuk Rambut, Ini Dia 7 Manfaat Minyak Kelapa

Selasa 04-06-2024,14:38 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Minyak kelapa bisa menjadi cara mengurangi risiko ujung rambut yang bercabang. Pasalnya, minyak kelapa lebih mudah terserap oleh batang rambut dibandingkan minyak lainnya. 

Hal ini membantu mencegah rambut mudah patah dan ujung rambut yang bercabang. Meski begitu, Anda tetap disarankan untuk rutin memotong ujung rambut sambil mengoleskan minyak kelapa pada ujung rambut. Dengan begitu, rambut akan tumbuh lebih cepat. 

BACA JUGA:Cara Alami Menumpas Asam Urat dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

5. Mencegah kerontokan

Penataan rambut yang berlebihan dapat merusak batang rambut hingga menyebabkan rambut rontok. Untuk mengatasi dan mencegah rambut rontok akibat penataan yang berlebihan ini, Anda bisa menggunakan minyak kelapa.

6. Mengatasi ketombe

Infeksi jamur pada kulit kepala dapat menyebabkan ketombe. Minyak kelapa dipercaya dapat mengatasi ketombe akibat infeksi jamur ini karena memiliki sifat antijamur dan antibakteri. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efetivitas minyak kelapa untuk rambut dalam mengatasi ketombe.

7. Mencegah kutu rambut

Munculnya kutu rambut dapat menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman. Untuk membasmi dan mencegah kutu rambut datang kembali, Anda bisa menggunakan campuran minyak kelapa dan adas manis.

Penelitian menunjukkan bahwa campuran dua bahan ini dinilai 40% lebih efektif dalam mengobati kutu rambut dibandingkan bahan kimia permethrin.

BACA JUGA:Cara Alami Menumpas Asam Urat dan Kolesterol, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Selain beberapa manfaat di atas, minyak kelapa untuk rambut juga diketahui dapat melindungi rambut dari paparan sinar UV, meredakan iritasi kulit kepala, serta mengatasi kulit kepala gatal dan mengelupas.

Itulah sejumlah manfaat minyak kelapa untuk kesehatan rambut. Penggunaan minyak kelapa untuk rambut bisa dijadikan sebagai masker, dan kondisioner. Beberapa cara penggunaan minyak kelapa untuk rambut di atas bisa Anda coba untuk mendapatkan rambut sehat serta mengatasi berbagai masalah rambut dan kulit kepala.

Kategori :