Kenali 7 Jenis Penyakit Kulit Kucing Peliharaan

Minggu 02-06-2024,12:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Jika sampai pecah, abses di kulit bisa menimbulkan koreng atau ulkus di bawah kulit.  Penyakit ini biasanya perlu diobati dengan obat antibiotik. Pada kasus yang parah, penyakit kulit kucing ini perlu ditangani dengan operasi.

4. Infeksi kutu

Infeksi kutu termasuk salah satu penyakit kulit kucing yang paling umum. Kutu biasanya menyerang kulit di sekitar wajah, leher, dan punggung kucing. Saat terserang kutu, kulit kucing jadi gatal sehingga ia lebih sering menjilat dan menggaruk tubuhnya. Infeksi kutu juga bisa menimbulkan ruam dan bentol-bentol di tubuh kucing.

Penyakit kulit kucing ini bisa mudah menular ke sesama kucing maupun hewan lainnya, seperti anjing. Oleh karena itu, penyakit kulit kucing ini perlu diobati secepatnya agar tidak menular.

BACA JUGA:Tips Cara Memilih Krim Pemutih dan Kandungan yang Aman untuk Digunakan

5. Hot spots

Ini juga termasuk salah satu penyakit kulit yang cukup sering terjadi. Penyebab hot spots masih belum diketahui secara pasti, tapi penyakit ini diduga disebabkan oleh infeksi, alergi, atau peradangan pada kulit kucing. Tak hanya pada kucing, hot spots juga bisa dialami oleh anjing. 

Pada kucing, hot spots akan menyebabkan kucing muncul pitak yang kemudian membuat kulit jadi koreng, bernanah, dan kemerahan. Selain itu, hot spots juga bisa membuat kucing merasa kesakitan atau gatal, sehingga sering menjilat atau menggaruk tubuhnya.

6. Jerawat

Jerawat pada kulit ini ditandai dengan ruam, bintik-bintik hitam, dan ada kotoran di dagunya. Pada kondisi yang parah, jerawat juga dapat membengkak dan berkerak, bahkan menyebabkan bulu rontok.

Jerawat pada kucing disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat oleh minyak berlebih sehingga membentuk komedo. Ketika komedo tersebut terinfeksi bakteri, jerawat pun muncul. Selain itu, faktor lain stres dan jarang mandi juga bisa membuat kucing lebih rentan terkena jerawat di kulitnya.

BACA JUGA:Tips Cara Memilih Krim Pemutih dan Kandungan yang Aman untuk Digunakan

7. Tungau telinga

Parasit lain yang dapat menginfeksi kucing ialah Otodectes cynotis. Infeksi parasit dari keluarga Acaridae ini menyebabkan penyakit yang disebut tungau telinga atau ear mites.

Tungau ini hidup dengan menggali ke dalam saluran telinga kucing. Kondisi ini membuat kucing merasa tidak nyaman sehingga terus menggaruk telinganya.

Penyakit ini ditandai dengan kotoran telinga kucing yang berwarna gelap dan bertekstur seperti lilin. Telinga kucing juga akan berbau, kemerahan, dan tampak bengkak.

Kategori :