Tak Terlihat Tapi Berpengaruh Pada Performa Mesin, Inilah 7 Fungsi Pada Busi Motor,

Sabtu 01-06-2024,11:41 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

Fungsi utama busi ialah untuk menginisiasi pembakaran dalam mesin. Tanpa busi, pembakaran dalam mesin tidak akan terjadi. Ketika busi menciptakan loncatan api listrik, ini akan memicu reaksi berantai yang menghasilkan panas dan tekanan yang diperlukan untuk mendorong piston ke bawah dan menggerakkan roda gigi.

5. Memastikan Pembakaran yang Efisien

Selain menginisiasi pembakaran, busi juga berperan dalam memastikan pembakaran berlangsung secara efisien. Busi harus menghasilkan loncatan api yang kuat dan stabil untuk membakar campuran bahan bakar dan udara secara sempurna. Ini penting untuk mengoptimalkan efisiensi mesin dan mengurangi emisi gas buang yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:Minuman Ini Ampuh Lawan Sel Kanker, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

6. Mempertahankan Suhu yang Sesuai

Busi motor juga membantu dalam menjaga suhu mesin pada tingkat yang sesuai. Saat busi menciptakan loncatan api, panas dihasilkan. Ini membantu dalam menjaga suhu mesin agar tidak terlalu rendah, yang dapat mengakibatkan masalah seperti pengendapan karbon, atau terlalu tinggi, yang dapat merusak komponen mesin.

7. Memengaruhi Kinerja Mesin

Kualitas busi motor juga memengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan. Busi yang berkualitas buruk dapat mengakibatkan mesin sulit dinyalakan, getaran yang tidak diinginkan, dan bahkan penurunan daya. Sebaliknya, busi yang berkualitas tinggi dapat meningkatkan daya, efisiensi, dan respons mesin.

Itulah fungsi busi pada motor, busi motor mungkin terlihat seperti komponen kecil dan sederhana, namun perannya dalam kinerja mesin sangat besar. Oleh karena itu, pemahaman mengenai fungsi busi motor dan pemilihan busi yang tepat adalah hal yang sangat penting bagi pemilik motor.

Kategori :