Wanita Harus Tahu! Ini Dia Ciri-ciri Oli Motor Harus Diganti

Jumat 12-01-2024,16:15 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

4. Terdapat Partikel atau Kotoran

Jika Anda melihat partikel atau endapan yang cukup banyak di dalam oli saat memeriksanya, ini menandakan bahwa oli sudah kotor atau habis.

BACA JUGA:Ini Dia Rahasia Keunggulan Tersembunyi Toyota Yaris 2024 GR Sport

5. Bau Terbakar (Sangit)

Munculnya bau terbakar dari mesin motor ini disebabkan mesin mengalami panas berlebih akibat adanya penumpukan kerak atau karbon di area ruang bakar yang membuat kompresi mesin meningkat. Kerak yang menempel di area katup buang dapat membuat celah. Sehingga bahan bakar bisa keluar ke knalpot.

6. Peningkatan Konsumsi Bahan Bakar

Oli yang sudah habis atau kotor juga bisa menyebabkan mesin bekerja lebih keras, yang akhirnya dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar yang meningkat.

7. Performa Mesin Berkurang

Oli yang sudah waktunya diganti tidak akan dapat melumasi mesin dengan baik, yang bisa mengakibatkan performa mesin menurun.

BACA JUGA:Ini Dia Rahasia Tersembunyi di Kode Kedip Lampu Motor Honda Beat!

8. Suara Berisik

Oli yang sudah habis atau kualitasnya menurun tidak akan dapat melumasi mesin dengan baik, sehingga komponen mesin bisa bersentuhan langsung dan menghasilkan suara berisik atau suara gesekan.

9. Meningkatnya Emisi Asap

Kondisi oli mesin yang tidak optimal juga memengaruhi kualitas pembakaran, yang bisa mengakibatkan meningkatnya emisi asap dari knalpot. Akhirnya hal ini bisa menjadi salah satu penyebab polusi udara.

Itulah dia ciri-ciri oli motor habis yang perlu diganti. Untuk memastikan mesin motor Anda selalu dalam kondisi optimal, rutinlah memeriksa dan mengganti oli sesuai dengan anjuran serta jangan lupa untuk memeliharanya agar dapat berfungsi dalam jangka panjang.(**) 

 

Kategori :