Wanita Harus Tahu! Ini Dia Ciri-ciri Oli Motor Harus Diganti

Wanita Harus Tahu! Ini Dia Ciri-ciri Oli Motor Harus Diganti

Oli mesin adalah komponen vital yang bertugas melumasi, mendinginkan, membersihkan, dan mencegah korosi pada bagian-bagian mesin motor.-Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkan Anda mendengar ungkapan diberbagai media sosial yang membuat parodi atau meme jika wanita hanya tahu pakai motor saja. 

Hal tersebut benar adanya memang kebanyakan wanita tidak begitu memahami dasar-dasar otomotif. Para wanita sering mengabaikan pentingnya memelihara kendaraan yang ia gunakan seperti pentingnya memeriksa dan mengganti oli secara rutin. 

Ada banyak dalih yang mereka kemukakan mulai dari banyaknya kesibukan atau kurangnya pemahaman yang tentunya memiliki dampak negatif yang ditimbulkan. 

Misalnya seperti terjadi kemogokan pada motor saat diperjalanan karena kehabisan oli, kebanyakan wanita akan merasa bingung bahkan menangis karena tidak tahu harus apa.

BACA JUGA:Suktik Bongsor Suzuki Maxi 160, Siap Bersaing dengan Honda PCX dan NMAX

Padahal, ciri-ciri oli motor habis bukanlah hal yang sulit untuk dikenali. Oli mesin sendiri adalah komponen vital yang bertugas melumasi, mendinginkan, membersihkan, dan mencegah korosi pada bagian-bagian mesin motor. 

Fungsinya yang sangat krusial ini membuat kualitas oli perlu selalu dipertahankan. Para pengendara harus mengetahui tanda atau ciri-ciri oli yang sudah layak ganti agar dapat mengambil langkah pencegahan untuk menghindari kerusakan mesin yang lebih parah.

Berikut ini ada beberapa ciri-ciri oli motor yang perlu diganti untuk menjaga kinerja dan daya tahan mesin motor yang Anda gunakan.

1. Warna Gelap

Oli mesin yang baru biasanya berwarna kuning cerah atau keemasan. Seiring waktu dan pemakaian, warna oli bisa berubah menjadi lebih gelap. Jika warna oli sudah hitam pekat, ini merupakan salah satu indikator bahwa oli tersebut sudah kotor dan sudah layak untuk diganti.

BACA JUGA:Yamaha PG 1 Siap Menggebrak Indonesia, Harga Bikin Penasaran!

2. Kekentalan Berubah

Oli yang sudah tidak layak atau kotor akan lebih kental daripada oli yang baru. Kekentalan yang berlebihan dapat menghambat sirkulasi oli di dalam mesin. Hal inilah yang sering menjadi faktor motor bisa mogok diperjalana

3. Tingkat Oli Rendah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: