Makanan Rekomendasi dan Harus Dihindari Bagi Penderita Tuberkulosis

Senin 30-10-2023,13:53 WIB
Reporter : Asep
Editor : Rajman Azhar

Mempertahankan berat badan merupakan hal yang penting bagi penderita TBC. Sebab beberapa obat seperti rifampicin, Ethambutol dan Pyrazinamide yang digunakan untuk mengobati penyakit ini bisa menurunkan nafsu makan yang pada akhirnya membuat penderitanya kehilangan berat badan.

Makanan padat kalori yang kaya nutrisi dapat memenuhi kebutuhan metabolisme pasien TB yang meningkat, makanan ini juga dapat mencegah penurunan berat badan lebih lanjut. Makanan seperti pisang, bubur sereal, , gandum dan ragi bisa bermanfaat bagi penderita TBC.

Cara Agar Penderita TBC Tetap Sehat

Walaupun memiliki penyakit TBC Anda harus menjalani hidup dengan sehat. Misalnya dengan memenuhi asupan nutrisi dan menghindari makanan yang kurang baik. 

Apabila tidak mendapat gizi yang cukup, seseorang bisa mengalami kekurangan gizi. Apabila ini dialami oleh orang yang mengidap TBC, maka hal ini memperburuk kondisi mereka. Sebab kekurangan gizi melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit.

Sebaliknya TB juga memperburuk kekurangan gizi. Kebanyakan orang dengan TB mengalami penurunan berat badan. Hal tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya asupan makanan yang berkurang akibat hilangnya nafsu makan. 

Oleh karenanya memperhatikan asupan atau makanan pada penderita TBC merupakan hal yang sangat penting.

Lakukan segala upaya untuk memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini penting untuk menjaga berat badan yang sehat dan membangun kekuatan untuk menghancurkan bakteri tuberkulosis dan mengurangi resiko kambuhnya penyakit. 

Makan makanan yang bervariasi dan sehat, dan menjauhi kebiasaan tidak sehat, akan membantu Anda merasa lebih baik, lebih cepat.

Selain memperhatikan asupan makanan, menjalani pola hidup sehat lainnya seperti melakukan berbagai aktivitas fisik juga bisa bermanfaat. 

Sebab aktivitas fisik bisa membantu asupan makanan diubah menjadi massa otot, dan juga meningkatkan nafsu makan. Olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda atau melakukan yoga dan jenis meditasi lain bisa membantu Anda untuk lebih sehat secara keseluruhan. (*)

Kategori :