Penggunaan Dompet Digital Makin Digemari Khususnya Kalangan Anak Muda, Ternyata Ini Alasannya

Rabu 23-08-2023,21:36 WIB
Reporter : Rahmat
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dompet digital atau e-wallet semakin masif digunakan di tengah masyarakat, terutama di kalangan anak muda. Pada November 2022 lalu, InsightAsia merilis riset yang menunjukkan 71% responden aktif menggunakan dompet digital untuk berbagai macam transaksi mereka.

Berdasarkan hasil riset berjudul 'Consistency That Leads: 2023 E-Wallet Industry Outlook' tersebut, penggunaan dompet digital lebih unggul dibanding metode pembayaran lainnya. Mulai dari uang tunai (49%), transfer bank (24%), QRIS (21%), Paylater (18%), kartu kredit (17%), dan VA transfer (16%).

Ada banyak faktor yang membuat dompet digital sebagai metode pembayaran dan transaksi keuangan favorit anak muda. Melansir berbagai sumber, berikut sejumlah alasan yang membuat transaksi melalui dompet digital disukai milenial-gen Z.

BACA JUGA:Khusus Pengguna OVO Premier, Tarik Tunai di Indomaret Limit Rp 50 Juta Per Hari, Cek Syarat dan Ketentuannya

1. Lebih Mudah untuk Melacak Pengeluaran

Dengan menggunakan dompet digital, milenial maupun gen Z yang umumnya lebih melek finansial ini dapat dengan mudah melacak pengeluaran mereka. Sebab, dompet digital memiliki catatan transaksi dan biasanya telah dilengkapi fitur untuk menganggarkan, memantau, serta melacak pengeluaran.

2. Lebih Cepat

Milenial maupun gen Z bisa bertransaksi dengan cepat menggunakan dompet digital, misalnya untuk memesan ojek online, menggunakan layanan pesan antar, membayar tagihan langganan platform hiburan, dan lain-lain secara cepat tanpa perlu berpindah aplikasi. Sebab banyak aplikasi yang kini telah terhubung dengan berbagai pilihan pembayaran dompet digital.

Dengan kecepatan yang ditawarkan, transaksi pun bisa dilakukan secara real time dan bikin anak muda bisa tetap sat set beraktivitas.

BACA JUGA:Bayar BPJS Kesehatan Online Lewat Dompet Digital DANA, Begini Caranya

3. Lebih Aman Dibandingkan Uang Tunai

Di usianya yang produktif, milenial dan gen Z punya segudang aktivitas sehari-hari yang menuntut mobilitas tinggi. Hal ini kerap jadi salah satu alasan mereka lebih tertarik beralih ke metode pembayaran digital dibanding uang tunai karena alasan keamanan.

Dengan menggunakan dompet digital, mereka tak perlu lagi repot membawa lembar demi lembar uang tunai di dompet yang rawan tercecer atau tertinggal. Keamanan penggunaan dompet digital juga didukung oleh teknologi yang tersemat, seperti biometric, autentikasi dua factor, dan lainnya.

4. Banyak Promo Menarik

Dibandingkan transaksi tunai, transaksi melalui dompet digital kerap menawarkan lebih banyak penawaran menarik. Misalnya, potongan harga, cashback, dan lain sebagainya. Pengguna juga bisa mengikuti program rewards atau loyalty dari e-wallet yang tersedia.

Kategori :