Lakukan Hal Ini Ketika Oli Mesin Motor Menyusut Saat Digunakan!

Selasa 25-04-2023,13:00 WIB
Reporter : Jamal Maarif
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Oli mesin motor menyusut ketika digunakan? Ahli sarankan kalian lakukan hal ini. Banyak bikers yang masih memikirkan berapa batas toleransi penyusutan oli mesin ketika digunakan. Seiring pemakaian, oli mesin yang digunakan motor memang akan menyusut dan berkurang volumenya. Namun, sebenarnya berapa batasan penyusutan oli mesin yang aman ketika digunakan?

Brahma Putra Mahayana, Technical Spescialist Pertamina Lubtricants kasih penjelasan mengenai hal ini. "Sebenarnya konsumen tidak perlu terlalu memikirkan berapa persen penyusutan oli yang aman untuk mesin motor," kata Brahma.

Menurutnya, ada cara yang lebih mudah untuk menentukan apakah penyusutan yang terjadi pada oli masih aman atau tidak untuk mesin motor.

"Untuk konsumen, saat oli mesin sudah digunakan dalam rentang waktu tertentu, tinggal cek saja volume oli mesinnya menggunakan dip stick yang ada di tutup lubang pengisian oli mesin," ujarnya.

BACA JUGA:Koleksi Motor Ariel Noah, Bebek Shogun Pemberian Ayah Hingga BMW R 18 Harga Nyaris Rp 1 M

"Selama oli mesin masih bisa disentuh dengan dip stick, berarti masih aman digunakan untuk mesin motor kalian," yakin Brahma.

Untuk penyusutan volume oli mesin yang terjadi sendiri bisa diakibatkan banyak faktor. Bisa saja penyusutan volume oli mesin terjadi lebih parah karena terjadi kebocoran pada oli. Makanya, dibandingkan memikirkan perhitungan persentase penyusutan yang diklaim pabrikan, sebaiknya kalian cek langsung saja volume oli mesin menggunakan dip stick. (**)

 

Kategori :