Pelaku Penempel QRIS Palsu Infak Masjid Ternyata Mantan Pegawai Bank, Sudah Beraksi di 38 Tempat

Jumat 14-04-2023,17:30 WIB
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Auliansyah Lubis mengungkapkan pelaku penipuan modus mengganti QRIS dengan miliknya, Mohd Iman Mahlil Lubis (MIML) ternyata sudah beraksi di 38 tempat.

"Dan ini baru 38 (tempat dilakukan penempelan QRIS palsu) yang kami temukan dan mungkin bisa jadi lebih banyak," kata Auliansyah saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (11/4/2023).

Hasil pemeriksaan sementara, pelaku mulai beraksi dari Sabtu (1/4) lalu. Kode batang itu dibuat Iman pada Kamis (23/3) silam.

"Terkait dengan latar belakang yang bersangkutan, pernah bekerja di salah satu bank, salah satu bank BUMN," ungkapnya.

MIML mulai menempelkan stiker barcode QRIS itu sejak 1 April. Berdasarkan pendataan, MIML telah menempelnya di 38 lokasi.

BACA JUGA:Astagfirullah! Imam Masjid Ini Ditikam saat Sholat Subuh Berjamaah

BACA JUGA:KABAR GEMBIRA! Bansos Ayam dan Telur Mulai Dibagikan Besok

Rinciannya, pada 1 April MIML menempel di Masjid At Takwa Sriwijaya, BSI Pondok Indah, BCA Mayestik, BS Mayestik, BSI Radio Dalam, BSI Panglima Polim, ATM Gallery Ayam Bulungan, BCA Grand Wijaya, BSI Fatmawati, Masjid An Nur GOR Bulungan, dan SPBU Pejompongan.

Kemudian, 2 April di Pasar Mayestik, Masjid Nurul Hidayah Brawijaya, Masjid Darul Jannah Walikota, Masjid Syarif Hidayatullah, Masjid Simprug, serta Masjid Jami Kebayoran Lama ITC Permata Hijau.

Lalu, pada 5 April ditempel di Masjid As Sakinah Tanah Kusir, Masjid Raya Bintaro Sektor 9, Masjid Raya KH Hasyim Asyari, dan Masjid Raya Al Insan Patal Senayan.

Selanjutnya, pada 4 April di Masjid Raya Bintaro Nurul Hidayah, Masjid Al Ikhsan Kerinci, Masjid Cut Nyak Dien Johar, Masjid Agung Sunda Kelapa, Masjid At Itsham, Masjid Cut Meutia Menteng, Masjid Al Bakri Taman Rasuna, serta Masjid Jami Ar Rohmah Kuningan.

Pada 6 April ditempel di Masjid Nurullah Kalibata. Berlanjut pada 7 April di Masjid Istiqlal, Masjid Al Azhar. Kemudian, 9 April di Masjid Thamrin Residance, Masjid Terminal 2 Bandara Soetta, Masjid Terminal 3 Bandara Soetta, dan Masjid Nurul Iman Blok M.

Tak hanya lokasi-lokasi itu, ternyata MIML juga menempelkan stiker barcode QRIS itu di musala mal yakni di Pondok Indah Mal dan Grand Indonesia.

Dalam aksinya itu, Auliansyah menyebut MIML terkadang meniban atau menempelkan stiker barcode QRIS yang dibuatnya di atas stiker yang sudah tertempel.

BACA JUGA:Harga Terbaru RX King 2023 Cuma Segini, Setara Skuter Matik

Kategori :