KPU Kota Bengkulu Sudah Terima 600 Lebih Pendaftar Calon PPK

Jumat 25-11-2022,14:01 WIB
Reporter : Firman Triadiniata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BENGKULUEKSPRESS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu sudah menerima 600 lebih pendaftar bakal calon tenaga adhoc sebagai panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 9 kecamatan di Kota Bengkulu.

Semenjak pendaftaran dibuka pada 20 November 2022 lalu, sampai saat ini jumlah pendaftar masih terus bertambah.

"Berdasarkan data yang ada pada kami, sampai Jumat siang, sudah 640 orang calon yang membuka dan mendaftar lewat aplikasi sistem informasi anggota KPU dan badan adhoc (Siakba). Semua staf di help desk, siaga membantu para pendaftar, termasuk membantu dan menjelaskan bagaimana mengakses aplikasi SIAKBA," kata Komisioner KPU Kota Bengkulu, Zaini, Jumat (25/11/2022).

Zaini mengatakan, diprediksi jumlah pendaftar bisa mencapai 800 hingga 1000 pendaftar yang akan diketahui jumlah realnya pada 29 November mendatang saat penutupan pendaftaran. Untuk keterwakilan perempuan juga cukup banyak, dan merata di semua kecamatan, dan juga akan bersaing secara sehat. 

BACA JUGA:Lelang Pasar Panorama Kota Bengkulu Dibuka, Penawaran Mulai Rp 54,2 M

Setelah ini, KPU juga akan membuka pendaftaran untuk Petugas PPS setelah rekrutmen PPK diselesaikan. Rencananya, PPK dan PPS ini mulai akan menerima SK pada Januari 2023 mendatang dan mendapat masa kontrak cukup panjang yakni 22 bulan.

Selain sebagai petugas pemungutan suara untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden, petugas terpilih juga akan langsung di SK kan sebagai petugas pemilihan kepala daerah pada November 2024. Dari proses ini diharapkan bisa mendapatkan petugas pemungutan suara yang independen, jujur, dan bersih dari segala kecurangan yang kerap terjadi saat proses pemungutan dan penghitungan suara. (Imn)

Kategori :