Merangsang Tumbuhnya Budaya Baca Melalui Inovasi Literasi

Senin 21-11-2022,13:48 WIB
Editor : Rajman Azhar

Salah seorang pengunjung, Eri, mengaku semakin nyaman dan senang datang ke perpustakaan, baik untuk mencari buku-buku yang ia butuhkan maupun menghabiskan waktu bersama teman-temannya.

Mahasiswi Universitas Palangka Raya ini merasakan ruang perpustakaan yang kian modern dan dilengkapi sarana prasarana memadai, membuat dirinya semakin nyaman saat membaca buku, maupun mengerjakan tugas kuliah.

Bagi pengunjung, sudah seharusnya perpustakaan seperti ini, sehingga bagi generasi muda akan semakin nyaman untuk datang, karena ruangannya semakin bagus dan tak kalah dengan kafe-kafe di luar sana.

Pengunjung perpustakaan lainnya yaitu Adam mengapresiasi upaya perpustakaan yang terus berbenah dan meningkatkan sarana prasarana penunjang bagi para pemustaka.

Karena kalau ruangannya nyaman, tentu masyarakat atau pemustaka akan semakin sering datang ke perpustakaan. Suasana itu penting, apalagi saat membaca buku.

Adapun laporan frekuensi bulanan sirkulasi peminjaman buku periode Januari-November 2022 berdasarkan anggota dan lokasi perpustakaan yang dirilis Disperpusip Kalteng, total jumlah peminjaman mencapai 7.831 buku, dengan jumlah judul sebanyak 6.559 buku, sedangkan anggota per pendaftaran Januari-November 2022 mencapai 7.306 orang.

Diharapkan ragam upaya melalui inovasi program dan kegiatan yang dilakukan ini, terus memacu tumbuh kembang budaya baca di tengah masyarakat, termasuk dukungan berbagai pihak untuk terlibat secara aktif dalam menyukseskan gerakan literasi.

Editor: Masuki M. Astro

COPYRIGHT © ANTARA 2022

Tags :
Kategori :

Terkait