5 Tips Ampuh Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Jumat 21-10-2022,18:25 WIB
Reporter : release
Editor : Rajman Azhar

Customer relation atau hubungan pelanggan adalah hal penting yang harus diperhatikan perusahaan. Adapun tujuan membangun customer relations adalah menciptakan hubungan yang saling menguntungkan dengan pelanggan.

Dengan menjaga hubungan pelanggan, Anda dapat meningkatkan retensi dan loyalitas pelanggan, mengurangi churn rate, meningkatkan interaksi pelanggan, hingga meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis Anda.

Lalu, bagaimana cara menjaga hubungan baik dengan pelanggan?

Di bawah ini, telah kami rangkum lima tips ampuh yang dapat Anda gunakan untuk membangun customer relation yang baik.

1. Lakukan komunikasi secara konsisten

Setiap hubungan dibangun seiring dengan berjalannya waktu dan usaha untuk menjaganya. Hal tersebut berlaku juga dalam hubungan bisnis dan pelanggan. Di mana bisnis harus memastikan bagaimana cara berkomunikasi secara reguler pada platform yang relevan terhadap pelanggan mereka.

Dalam hal ini, ada banyak platform yang dapat digunakan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggans secara konsisten. Misalnya seperti email, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan masih banyak lagi.

Namun, banyaknya platform yang perlu dikelola bisa membuat bisnis kewalahan dan akhirnya komunikasi dengan pelanggan tidak berjalan secara efektif. Untuk itu, dibutuhkan bantuan alat dukungan seperti aplikasi Omnichannel.

Aplikasi Omnichannel memungkinkan bisnis untuk mengintegrasi dan mengelola beberapa saluran sekaligus dalam satu platform terpadu.

2. Pahami customer value

Untuk memahami customer value, Anda perlu mendengarkan apa yang menjadi keinginan pelanggan atau target pasar Anda. kemudian, lakukan pendekatan untuk memenuhi ekspektasi atau keinginan tersebut.

Beberapa orang mungkin menginginkan interaksi yang lebih personal, namun ada juga yang tidak suka terlalu berbasa-basi. Bisnis harus belajar untuk peka terhadap hal-hal tersebut.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan aplikasi CRM untuk memanfaatkan data historis pelanggan dengan tampilan 360° guna memahami kebutuhan pelanggan.

3. Tangani feedback negatif dengan baik

Kunci dari menerima feedback negatif adalah dengan menganggap hal tersebut sebagai insight berharga terhadap perusahaan. Mengingat, menerima masukkan dari pelanggan sangat penting untuk memuaskan kebutuhan mereka.

Tags :
Kategori :

Terkait