Lahan Pemukiman Warga Seluma Longsor

Sabtu 12-09-2020,07:00 WIB
Reporter : Dang Haijir
Editor : Dang Haijir

AIR PERIUKAN, bengkuluekspress.com - Akibat curah hujan yang tinggi kemarin (10/9), membuat longsor di lahan pemukiman rumah salah seorang warga bernama Wasisto (45), Desa Lokasi Baru Kecamatan Air Periukan. Peristiwa itu terjadi Kamis malam, dan lahan pemukima itu tergerus hingga lima meter.

\"Kejadiannya tadi malam sekitar pukul 20.00, tanah di perkarangan kami ini hanyut karena longsor, terseret anak sungai buatan. Sudah lima meter tergerus hanya tinggal satu meter lagi rumah kami bisa kena,\" jelasnya.

Pantauan di lokasi longsor tampak tanah di perkarangan rumah sudah tergerus ke sungai disebabkan debit air yang tinggi saat hujan terjadi Kamis kemarin. Warga yang berada di tepian sungai sangat kawatir akan terjadi longsor yang sewaktu-waktu menggerus rumah.

\"Memang sudah seharusnya dibangun karena ini bisa semakin parah, karena bukan hanya rumah kami saja yang bisa kena, masih banyak rumah lainnya,\" jelasnya.

Pjs. Kades Lokasi Baru, Sukaryanto menyatakan, Pemerintah Desa telah mengajukan pembangunan pelapis tanah atau bronjong, agar longsor tidak semakin parah. Akan tetapi sampai saat ini belum ditindaklanjuti.

\"Sudah kami ajukan sebelumnya, tetapi memang belum ditindaklanjuti. Padahal dipinggiran sungai sedikitnya ada tiga puluh rumah, yang terancam bila terjadi longsor kembali,\" tukasnya.

Adapun saat ini warga tetap beraktivitas, meski ancaman longsor susulan bisa saja terjadi. Bahkan, hujan masih mengguyur Kabupaten Seluma hingga Jum\'at siang, namun tidak selebat seperti hari Kamis kemarin. (jef)

Tags :
Kategori :

Terkait