Gubernur Lebaran Secara Virtual

Rabu 27-05-2020,10:22 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

Bengkulu, Bengkuluekspress.com - Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah tetap menggelar halal bihalal pada lebaran Idul Fitri tahun ini. Hanya saja, caranya berbeda ditengah wabah Covid-19. Gubernur menggelar halal bihalal dan silaturahmi secara virtual bersama keluarga besar Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bengkulu. Dalam kesempatan itu, Rohidin menegaskan, situasi wabah Covid-19 memberikan efek besar bagi tatanan kehidupan manusia. Namun, semua tidak boleh kalah ataupun mundur dalam situasi tersebut, justru perlu mulai melakukan menyesuaikan diri pada pola kehidupan baru ditengah wabah Covid-19.

\"Pola halal bi halal ataupun bersilaturahmi secara virtual merupakan sesuatu hal baru bagi kita. Dan mungkin selama perjalanan hidup kita, saat inilah menjalani ibadah Ramadan dan merayakan Idul Fitri dengan cara berbeda. Seperti hal nya kehidupan di alam bebas, bagaimana kita harus beradaptasi dengan alam serta lingkungannya,\" ujar Rohidin dalam halal bihalal secara virtual, kemarin (26/5).

Ditegaskanya, slogan new normal life perlu dibudayakan di masyarakat. Agar beberapa aktivitas di masyarakat kembali dimulai sehingga terus tercipta produktivitas serta perekonomian kembali berjalan normal. Langkah ini menciptakan cara pandang baru, dalam menghadapi dan menyesuaikan diri disaat situasi Covid-19.

\"Edukasi ke masyarakat untuk tetap memakai masker, rajin mencuci tangan, ciptakan lingkungan bersih dan sehat, serta menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat merupakan salah satu bentuk new normal life atau gaya hidup baru. Hal ini diupayakan, sebab tidak mungkin kita mengeliminasi virus yang sudah menyebar, serta tidak kasat mata, untuk hilang dengan waktu cepat,\" bebernya.

Untuk Provinsi Bengkulu, saat ini kasus konfirmasi yang dihadapi ada 69 kasus dan diantara itu yang benar-benar butuh penanganan medis atau sakit dengan gejala klinis sangat sedikit. Bahkan banyak diantaranya, tidak memiliki gejala atau OTG.

\"Situasi kasus konfirmasi Covid-19 yang dihadapi Bengkulu, membangkitkan semangat kita bahwa kita mampu berhadapan, mampu berdampingan dengan wabah ini. Namun, harus betul-betul menjaga diri dengan menjalankan protokol kesehatan,\" ujar Rohidin.

Halal bihalal yang juga mengundang penceramah, Ustad Farhan yang dilakukan secara virtual itu, menyampaikan pada situasi wabah ini harus tetap bersyukur. Sebab musibah yang sedang dihadapi tentu akan muncul hikmah dibalik itu.

\"Syukuri musibah yang dihadapi, apabila kita tetap bersyukur ditengah musibah pasti akan ada sesuatu yang berharga dibalik hal tersebut. Karena Allah SWT telah menjanjikan itu dalam al Qur\'an,\" tutup Farhan. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait