Pelamar CPNS Didominasi Tenaga Kesehatan

Senin 25-11-2019,15:23 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Dari formasi tenaga pendidikan, kesehatan dan teknis yang dibuka dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) di Kabupaten Lebong, panitia penerima mencatat pelamar didominasi tenaga kesehatan dengan jumlah 1.469 pelamar dari total 2.711 pelamar. Banyaknya pelamar untuk tenaga kesehatan, menunjukan bahwa saat ini di Provinsi Bengkulu sudah sangat banyak lulusan kesehatan, baik Diploma III hingga Strata I (S1). Namun banyaknya lulusan dari tenaga kesehatan, tidak sebanding dengan kebutuhan dari pemerintah ataupun swasta untuk tenaga kesehatan.

Kepala BKPSDM Kabupaten Lebong, H Guntur SSos melalui Kepala Bidang (Kabid) Mutasi, Pengadaan Pegawai dan Informasi, A Ropik SSos mengatakan, bahwa dari total 2.711 pelamar yang telah mengembalikan berkas, terbagi 1.095 untuk tenaga pendidikan, 1.469 untuk tenaga kesehatan.“Sementara untuk formasi tenaga teknis sebanyak 147 pelamar,” jelasnya, kemarin (24/11).

Jumlah pelamar, sambungnya, yang akan mengembalikan berkas dipastikan akan terus bertambah, karena masih ada 3 hari waktu untuk mengembalikan berkas. Dari data terakhir, setidaknya sudah ada 3 ribu orang lebih pelamar yang telah melamar online di Portal resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). “Yang melamar online untuk pendidikan sebanyak 1.218 pelamar, kesehatan 1.638 pelamar dan teknis sebanyak 163 pelamar,” sampainya

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong dalam penerimaan CPNS tahun 2019 ini mendapatkan jatah sebanyak 100 kuota yang terdiri dari 55 untuk formasi tenaga pendidikan, 43 formasi tenaga kesehatan dan 2 formasi untuk tenaga teknis.“Ribuan pelamar akan memperebutkan 100 kuota yang kita dapatkan,” tuturnya.

Melihat antusias para peserta, jelas Ropik, maka untuk kompetisi kemungkinan akan semakin ketat. Apalagi sesuai Permen PAN-RB nomor 24 tahun 2019 tentang nilai ambang batas SKD untuk pengadaan CPNS di tahun 2019 mengalami penurunan. Yaitu Tes Karateristik Pribadi (TKP) nilai ambang batasnya adalah 126, untuk Tes Intelegensi Umum (TIU) dengan nilai 80.“Terakhir nilai Tes Wawancara Kebangsaan (TWK) sebesar 65 dari nilai sebelumnya 75,” ujarnya.(614)

Tags :
Kategori :

Terkait