PKK Ajak Manfaatkan Pekarangan

Jumat 25-10-2019,16:32 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

CURUP, Bengkulu Ekspress- Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rejang Lebong, Ny Fitri Hertikasari A Hijazi SE mengajak masyarakat Rejang Lebong untuk memanfaatkan pekarangan sebagai media bercocok tanam. Pemanfaatan pekarangan sebagai media bercocok tanam menurutnya sangat baik untuk pemenuhan gizi keluarga.

\"Mari kita sama-sama memanfaatkan pekarangan yang ada untuk media bercocok tanam,\" ajak Bunda sapaan akrab istri Bupati Rejang Lebong tersebut saat membuka lomba media tanam dengan tema melalui lomba media tanam, kita ciptakan kreativitas PKK sebagai upaya pencegahan Stunting di Gedung Dekranasda Kabupaten Rejang Lebong, Kamis (24/10) kemarin.

Menurut Bunda, dengan pemanfaatan pekarangan sebagai media tanam, selain bisa untuk memenuhi gizi keluarga namun menurutnya juga bisa meningkatkan pendapatan keluarga. Karena menurutnya dari tanaman yang ditanam di pekarangan tersebut selain bisa dijual juga bisa menghemat uang untuk membeli sayur-mayur untuk dimasak setiap harinya.

\"Dengan pemanfaatan pekarangan, setidaknya ibu-ibu bisa lebih irit dan uang yang seharusnya kita gunakan untuk membeli sayuran bisa kita alihkan dengan yang lain,\" sampai bunda.

Lebih lanjut Bunda menjelaskan, pemanfaatkan pekarangan tersebut nanti akan snagat membantu khususnya masyarakat yang berpenghasilan ekonomi kebawah. Pemanfaatan pekarangan dengan optimal tersebut menurut bunda merupakan salah satu upaya yang dilakukan masyarakat untuk membantu pemerintah menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Rejang Lebong.

Di sisi lain, terkait dengan kegiatan lomba yang mereka laksanakan kemarin, menurut bupati tak lain agar masyarakat melalui ibu-ibu PKK memanfaatkan masyarakat melalui media tanam. Di mana media tanam tersebut, bahan yang digunakan yakni bahan-bahan bekas di sekitar tempat tinggal. Sedangkan tanaman yang bisa ditanam bisa berupa tanaman yang mengandung obat keluarga, tanaman buah-buahan, tanaman sayur-sayuran dan sebagainya.

\"Dengan adanya kegiatan ini saya berharap khususnya ibu-ibu PKK dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk mengoptimalkan pekarangan,\" harap Bunda.

Lebih lanjut Bunda menjelaskan, dengan pemanfaatan pekarangan dengan baik tersebut, aka kebutuhan akan gizi masyarakat terpenuhi. Dengan terpenuhinya gizi masyarakat tersebut maka bisa juga bagian dalam mencegah stunting.

Di sisi lain, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Rejang Lebong, Ir Amran menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan yang dilaksanakan TP PKK Kabupaten Rejang Lebong tersebut. Karena menurut Amran kegiatan pemanfaatan pekarangan tersebut juga merupakan bagian dari program dari Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong.\"Kita sangat mengapresiasi dari program yang dilaksanakan oleh TP PKK ini, karena memang pemanfaatan pekarang ini sangat baik terutama untuk ketahanan pangan,\" terang Amran. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait