BI Beri Beasiswa 100 Mahasiswa

Kamis 28-02-2019,10:34 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Bentuk Kepekaan dan Perwujudan  Kepedulian Sosial

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bengkulu kembali memberikan beasiswa untuk 100 mahasiswa Universitas Bengkulu dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Pemberian beasiswa ini sebagai bentuk kepedulian BI terhadap pendidikan di Bumi Rafflesia.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra mengatakan, BI selalu hadir di setiap makna Indonesia, dimana melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Indonesia Cerdas, BI memberikan bantuan beasiswa kepada Generasi Baru Indonesia (GenBI). Pemberian beasiswa tersebut merupakan wujud nyata yang dilakukan oleh BI terhadap pendidikan dan pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

\"Pemberian beasiswa ini sebagai bentuk kepekaan dan perwujudan kepedulian sosial BI dalam Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) melalui Program Indonesia Cerdas,\" kata Endang, pada Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Penyerahan Beasiswa di KPwBI Bengkulu, kemarin (27/2).

Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini selama setahun akan mendapat beasiswa sebesar Rp 1 juta per bulan atau Rp 6 juta per semester. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu sebanyak Rp 750 ribu per bulan. \"Kita sudah tambah nilai beasiswanya, tolong digunakan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai dapat beasiswa malah dibelikan Samsung S10,\" tutur Endang.

Hal tersebut dilakukan mengingat pemberian beasiswa, dilakukan melalui proses seleksi yang ketat. Tak hanya dari segi prestasi, namun juga dari segi karakter, maupun latar belakang sosial dan ekonomi para pelamar. Sehingga diharapkan beasiswa tersebut dapat dipergunakan untuk hal yang lebih bermanfaat seperti membayar uang Semester. \"Jadi penerima beasiswa harus memanfaatkannya untuk hal yang bermanfaat,\" ujar Endang.

Seperti diketahui, penerima beasiswa BI adalah komunitas yang berwawasan kebanksentralan dan berliterasi keuangan sebagai front liner, agent of change dan future leader yang tergabung didalam GenBI. Komunitas ini diharapkan dapat mengkomunikasikan kebijakan BI kepada mahasiswa dan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap pelaksanaan tugas dan pencapaian tujuan Bank Indonesia.

\"GenBI membantu tugas BI seperti melakukan sosialisasi tentang keuangan kepada masyarakat dan beberapa kegiatan BI lainnya,\" ungkap Endang.

Bahkan GenBI Bengkulu merupakan komunitas yang paling aktif terbaik nomor 3 di Indonesia. Hal ini membuktikan kalau para mahasiswa ini tidak hanya cerdas tetapi aktif melaksanakan berbagai kegiatan positif ditengah masyarakat. \"Kita berharap mahasiswa yang tergabung di GenBI ini bisa menjadi Leader terbaik di masa depan, semoga mereka ini bisa menggantikan saya atau rektor Universitas di Bengkulu,\" tutupnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Bengkulu, Dr Ridwan Nurazi SE MSc mengatakan, BI sejak dulu memang selalu memberikan bantuan kepada Universitas Bengkulu, baik itu berupa peralatan untuk penelitian hingga beasiswa untuk para mahasiswa.

Pihaknya berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik salah satunya untuk meningkatkan keterampilan. \"IP tidak perlu 4, cukup 3 atau 3,2 selebihnya adalah keterampilan, karena keterampilan bisa membuat kita sukses, jadi manfaatkan bantuan ini untuk meningkatkan keterampilan kita,\" ujar Ridwan.

Selain itu, Rektor IAIN Bengkulu, Prof Dr Sirajuddin mengaku, selain keterampilan, mahasiswa juga harus cerdas, tidak hanya cerdas akalnya tetapi juga cerdas secara spritualnya. Tanpa dilandasi kecerdasan spiritual maka akan menjadikan insan yang berakhlak buruk. \"Kita harus memiliki akhlak yang baik, jangan buruk, jadikan bantuan beasiswa ini untuk membimbing menjadi manusia cerdas yang berakhlak baik,\" tutupnya.(999)

Tags :
Kategori :

Terkait