DD Belum Ditransfer

Rabu 21-11-2018,10:42 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

BENGKULU TENGAH, Bengkulu Ekspress - Transfer dana desa (DD) tahap III ke rekening umum daerah (RKUD) Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) molor dari jadwal yang ditentukan. Padahal, prediksi awal DD tahap III senilai Rp 39 miliar itu sudah disalurkan pada tanggal 15 November 2018 lalu.

\"Sampai hari ini, DD tahap III juga belum ditransfer ke RKUD, melainkan masih di rekening umum kas negara (RKUN),\" kata Pelaksana (Plt) Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng, Weldo Kurnianto SE MM, melalui Kabid Anggaran, Ade Christanto SSTP, kemarin.

Meski demikian, Ade mengaku tak mengetahui alasan keterlambatan penyaluran DD tahap akhir tersebut. Yang jelas, semua persyaratan agar DD tahap III bisa disalurkan sudah disampaikan ke KPPN Bengkulu.\"Sesuai dengan ketentuan, DD tahap III barul bisa disalurkan jika DD tahap II sudah terserap, minimal 75 persen. Semuanya sudah kita sampaikan, bahkan serapan DD tahap sebelumnya sudah melebihi syarat yang tetapkan,\" tandas Ade.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Benteng, Edi Susila SSTP mengatakan, ada 116 desa yang sudah mengajukan persyaratan penyaluran DD yang sudah diverifikasi oleh pemerintah kecamatan masing-masing.

\"Dari 142 desa penerima DD, hanya tinggal 26 desa yang belum melengkapi syarat pencairan DD tahap III. Sembari menunggu transfer DD dari RKUN ke RKUD, kami harap Kepala Desa beserta perangkatnya bisa lebih gesit untuk melengkapi kekurangan syarat,\" imbau Edi.(135)

Tags :
Kategori :

Terkait