Pemprov Bengkulu Dorong Sistem Informasi Kesehatan Berbasis IT

Senin 12-11-2018,18:55 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Bengkulu, Bengkuluekspress.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Kesehatan, Provinsi Bengkulu, terus berbenah dalam hal pelayanan kesehatan. Salah satunya, dengan meluncurkan aplikasi E-Kes dalam rangka mendukung Sistem Informasi Pemerintahan berbasis IT (E-Gov Bengkulu).

Peluncuran E-Kes dilakukan Pada Hari Kesehatan Nasional ke-54. E- Kes merupakan transformasi dan tata kelola pemerintahan berbasis IT. Program Prioritas ke-4 Provinsi Bengkulu dibidang Kesehatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA., mengapresiasi peluncuran aplikasi e-Kes guna mendukung sistem informasi pemerintahan berbasis IT (e-Gov Bengkulu).

“Ini menjadi dasar kita membuat program dan kebijakan sehingga akan lebih terarah dan sistematis,” jelas Rohidin seusai memimpin upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54 di Halaman Kantor Gubernur Bengkulu, Senin (12/11/18).

Rohidin mengatakan, hadirnya aplikasi ini dapat menjadi acuan pemetaan sumber daya kesehatan di Bengkulu, baik ditingkat Puskesmas hingga Rumah Sakit di Provinsi Bengkulu.

Sistem informasi terpadu bidang kesehatan tersebut, saat ini telah diterapkan di 177 dari 179 Puskesmas yang ada di Provinsi Bengkulu. E-Kes sendiri mulai dibangun pada 2017. Pada 2018 dilakukan pendalaman terhadap modul Puskesmas. Modul ini berisi data dasar yang terdiri atas data sarpras (sarana dan Prasarana) serta data Tenaga Kesehatan Puskesmas.

Ia pun meminta, agar organisasi perangkat daerah (OPD) lain juga dapat menerapkan hal yang sama, yakni menerapkan pola pemerintahan berbasis web. Dimana satu dari lima program unggulan Pemprov Bengkulu adalah Transformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi.

“Sekarang mungkin baru 30 – 40 persen yang menerapkan itu. Seperti e-perizinan, e-lapor, e-pengadaan barang. Saya kira, banyak hal ini yang dimasing–masing OPD bisa dikreasikan, diinovasikan agar lebih efisien pengelolaannya,” katanya. (HBN)

Tags :
Kategori :

Terkait