Pemuda Jangan Mudah Diadu Domba

Senin 29-10-2018,11:23 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda di halaman kantor Gubernur Bengkulu, kemarin (28/10/2018).

Dalam kesempatan itu, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA mengatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi momentum para muda dan pemudi untuk bersatu. Sebab, saat ini para pemuda dihadapkan dengan perpecahaan.

\"Akhir-akhir ini bisa kita lihat. Mudah sekali pemuda kita diadu domba dengan pihak berkepentingan. Ini tantangan untuk pemuda agar tidak terpecah belah,\" ujar Rohidin.

Dijelaskannya, sebagai pemuda harus mampu menahan dari perpecahan. Meskipun perbedaan itu ada, baik suku, agama, pemikiran dan pandangan, tetap pemuda harus bersatu.

Ketika persatuan itu tumbuh, maka bangsa Indonesia akan tetap kuat untuk menhadapi tantangan zaman.

\"Berbeda pandangan, berbeda pilihan itu biasa. Tapi harus tetap bersatu,\" tegasnya.

Diera kemajuaan teknologi saat ini, para pemuda juga harus meningkatan kemampuan SDM. Sebab, kemajuaan teknologi seperti dua mata pisau. Di satu sisi memberikan kecepatan informasi, sisatu sisi juga memiliki dampak negatif, seperti pornografi, informasi hoax, pergaulan bebas, narkoba, terorisme dan lain sebagainya.

\"Artinya penguatan intelektualitas harus dilakukan. Jika tidak, maka kita akan larut dalam keterpurukan,\" tambah Rohidin.

Rohidin mengaku banyak sekali putra putri asal Bengkulu berprestasi tingkat nasional. Kemajuaan ini tentu harus didukung. Rohidin juga meminta kepada semua pemuda untuk bisa berkontribusi untuk kemajuaan Bengkulu. Sebab, untuk memajukan Bengkulu dibutuhkan kerja keras dari para pemuda sebagai pilar bangsa.

\"Ini untuk Bengkulu yang kita cintai,\" pungkasnya.

Selain itu, Rohidin juga memberikan penghargaan untuk para pemuda dan pemudi berprestasi. Baik pemuda yang berprestasi dalam bertugas sebagai Paskibraka, juara pendidikan dan pemuda prestasi lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi MPd mengatakan, anak-anak muda di Bengkulu memang banyak sekali yang berprestasi.

\"Dari 2017 sampai 2018 ini pemuda kita banyak sekali yang berprestasi. Tentu ini harus didorong terus,\" ujar Meri.

Ia berharap, pembinaan pemuda tidak hanya dilakukan oleh Dispora saja, namun OPD lain juga bisa melakukan pembinaan. Ketika ini dilakukan secara bersama, tentu akan memberikan semangat untuk para muda.

\"Tahun depan, kita tingkatkan lagi rewardnya. Karena pemuda ini adalah harapan bangsa,\" tutupnya. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait