Alih Status Jalan Tunggu Plt Gub

Selasa 16-10-2018,10:40 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

Pemkot Diminta Bersabar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti SE MT mengatakan pengalihan status jalan milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang ada di Kota Bengkulu ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu tetap akan dilakukan. Meski demikian, pemkot diminta bersabar untuk menunggu turunnya Surat Keputusan (SK) dari Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA.

\"Saya kira sabar saja dulu. Ini masih proses, kalau sudah siap pasti diserahkan,\" ujar Nopian kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (15/10).

Bagitupun terkait rencana pembangunan jalan itu sendiri, juga harus menunggu SK itu keluar. Jangan sampai sudah dibangun, tapi status jalan itu belum diserahkan.

\"Kalau mau dianggarkan, ya tidak masalah, kan sudah mau diserahkan. Ketika telah diserahkan nanti, bisa langsung dikerjakan pembangunannya,\" tuturnya.

Menurut Nopian, pemprov sangat mendukung antusias Pemkot untuk membangun sejumlah ruas jalan yang rusak tersebut. Karena, jalan itu juga nantinya akan dinikmati oleh masyarakat luas. Sebab, berdasarkan kewenangan, jalan provinsi adalah jalan yang menghubungkan antara kabupaten satu ke kabupaten lainnya. Kalau jalan kabupaten adalah jalan yang menghubungan kecamatan satu ke kecamatan lainnya. Begitupun jalan negara, jalan yang menghubungkan antara provinsi satu ke provinsi tetangganya.

\"Inikan sama-sama mau dinikmati masyarakat. Siapapun yang membangunnya itu lebih bagus sehingga jalan itu bisa dinikmati secara nyaman oleh masyarakat,\" tambah Nopian.

Bukan hanya jalan yang ada di kota saja, jalan yang ada di kabupaten, jika kabupaten ingin membangunnya, selagi pemprov memberikan izin, maka boleh dilakukan pembangunan. Karena tidak semua anggaran di APBD pemprov bisa mengcover semua perbaikan jalan yang ada di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu.

\"Sepanjang provinsi mengizinkan, silakan untuk dibangun,\" pungkasnya. Seperti diketahui, jalan provinsi ada di kota Bengkulu yang akan diserahkan ke Pemda Kota Bengkulu ada 24 jalan.

Jalan itu meliputi, Jalan Lempuing sepanjang 2,30 Km, Jalan Sedap Malam 0,50 Km, Jalan Puteri Gading Cempaka 1,35 Km, Jalan Ratu Agung 0,90 Km, Jalan Soekarno-Hatta 0,75 Km, Jalan M Hasan 0,60 Km. Lalu ada Jalan Hazairin 0,6 Km, Jalan KOP Berlian 0,4 Km, Jalan Penjaitan 0,95 Km, Jalan Teluk Segara 0,80 Km, Jalan Abu Hanifah 0,70 Km, Jalan TP Kasim Nazir 0,40 Km.

Termasuk Jalan Nusirwan Zainul 1,15 Km, Jalan Bali, Jalan MT Haryono, Jalan Jawa, Jalan Sungai Rupat 1,30 Km, Jalan Bhakti Husada 1,10 Km, Jalan Kapuas 1,52 Km, Jalan Asahan 0,47 Km, Jalan Bumi Ayu 4,65 Km, Jalan Martadinata 6 Km, Jalan Sadang 0,53 Km dan Jalan Letnan Syamsul Bahrun sepanjang 2,20 Km. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait