Seorang jamaah dirujuk ke KKHI.

Senin 30-07-2018,13:05 WIB
Reporter : Redaksi Terkini
Editor : Redaksi Terkini

Besok jamaah ke Mekkah

BENGKUKU, Bengkulu Ekspress- Jemaah haji asal Bengkulu, mulai meninggalkan Madinah dan bergerak menuju Mekkah.

\"Insyaa Allah berangkat ke Mekah hari Selasa pada pukul 16.00 WAS atau bada Salat Ashar, karena Arbain jamaah selesai pada Selasa Salat Ashar,\" ungkap Kepala Petugas TPHD loter 6 Yul Kamra melalui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Drs H Bustasar MS MPd melalui Kepala Bidang PHU Ramlan Karim MHi dan Kasubag Humas Rolly Gunawan MHi.

\'Kegiatan jamaah calon haji kloter 6 memperbanyak ibadah di Masjid Nabawi dan diadakan pembekalan atau manasik untuk persiapan berangkat ke Mekah nantinya. Jamaah terus diimbau untuk tidak terlalu banyak belanja di Madinah sebab ada beberapa jamaah yang tas besar sudah penuh. Jamaah juga terus diingatkan untuk menjaga fisik dengan tidak memforsis kegiatan yang tidak penting biar ketika berangkat ke Mekah dan melaksanakan ibadah umroh nanti tidak terlalu lelah. Cuaca ekstrim di Madinah sangat panas, suhu pada siang hari di kota Madinah 49 derajat celcius.

Hal yang sama dilaporkan petugas kloter 7 PDG, Syafril. Cuaca panas menyebabkan beberapa jamaah terganggu kesehatannya. Salah seorang Jamaah atas nama Elmy Fitria Wahidin Joelina dari Seluma, pada Sabtu (28/7) pukul 18.00 WAS, dirujuk ke KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia). Karena mengalami sesak nafas dehidrasi tinggi.

\"Sampai saat ni CJH tersebut masih dirawat di KKHI, kondisinya saat ini mulai membaik,\" katanya.

Petugas kloter selalu bersama-sama memberikan layanan terbaik pada jamaah. Untuk kesehatan tim kesehatan di kloter diminta selalu memantau kondisi semua jamaah. Dengan memberdayakan karu/karom/petugas kloter lainnya dgn metode community based surveillance. \"Upaya promotif preventif dilakukan lebih aktif dan mandiri oleh timkes sebagai pencegahan dehidrasi, atasi kelelahan, perlindungan diri dan kontrol kesehatan rutin,\" imbuhnya.  Tim diharapkan selaku menjaga komunikasi, koordinasi dan kerjasama antara sesama petugas, baik dengan petugas kloter maupun petugas kesehatan lainnya.

Kemudian untuk persiapan ke Makkah, Minggu (29/7), seki tar pukul 07.00 WAS, seluruh karom dan petugas kloter mengikuti rapat dengan ketua sektor (Kasektor) 5 dan perwakilan daerah kerja membahas evaluasi kegiatan selama di Madinah dan persiapan keberangkatan Kloter 7 mau menuju Mekkah. \"Berdasrkan hasil perhitungan daker dan sektor dengan TPIHI, akhir pelaksanaan Salat Arbain kloter 7 jatuh pada Sholat Ashar Hari Rabu tgl 1 Agts 18 dan ba\'da Ashar Kloter 7 berangkat ke Mekkah Al Mukarommah,\" tandasnya. (247)

Tags :
Kategori :

Terkait