81.663 Anak Bakal Divaksin MR

Senin 30-07-2018,09:00 WIB
Reporter : redaksi2
Editor : redaksi2

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Utara bakal memberikan vaksin Measles Rubella (MR) kepada 81.663 anak di Bengkulu Utara pada bulan Agustus mendatang. Fungsi vaksin MR ini hampir sama dengan vaksin campak.

Perbedaannya, vaksin MR terdiri dari dua vaksin yakni measless dan rubella agar anak tidak terkena virus rubella dan vaksin MR diperuntukkan untuk anak rentang usia 9 bulan sampai 15 tahun. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinkes Bengkulu Utara, drg Adi Fitridin MKes didampingi Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Ujang Ismail.

\"Vaksin MR untuk anak umur 9 bulan sampai 15 tahun. Fungsinya hampir sama dengan vaksin campak,\" jelasnya.

Untuk memberikan vaksin tersebut, tim dari Dinkes Bengkulu Utara dan jajaran akan turun ke Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Setelah anak sekolah mendapatkan vaksin, tim akan turun ke desa dan kelurahan untuk memberikan vaksin kepada balita dan batita.

\"Bulan Agustus nanti kita ke sekolah dulu, kemudian baru ke desa dan kelurahan,\" imbuhnya.

Kendalanya adalah belum dilakukannya sosialisasi maksimal kepada masyarakat. Mengingat sasaran vaksin mencapai puluhan ribu anak tersebar di Kabupaten Bengkulu Utara. Untuk itu, Dinkes Bengkulu Utara meminta bantuan kepada Camat se-Kabupaten Bengkulu Utara, Puskesmas, Kepala UPTD Rumah Sakit, organisasi wanita dan organisasi perangkat daerah (OPD).

\"Jumlah 81.663 anak itu bukan jumlah yang sedikit. Untuk itu, kita minta dukungan dari semua pihak mensosialisasikan kepada masyarakat,\" pinta Ujang. Untuk ketersediaan vaksin, akhir Juli vaksin sudah sampai di Kabupaten Bengkulu Utara dikirim langsung oleh Kemenkes RI. Setidaknya dibutuhkan 8.000 dosis vaksin untuk jumlah anak 81.663 tersebut.(167)

Tags :
Kategori :

Terkait