Pasar Ramadan Pakai Hiburan

Pasar Ramadan Pakai Hiburan

CURUP, Bengkulu Ekspress - Untuk menyemarakkan kegiatan pasar Ramadan yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu di Lapangan Setia Negara Curup, panitia menyiapkan hiburan Islami bagi para pengunjung. \"Pasar Ramadan ini kita lengkapi dengan hiburan Islami, sehingga pengunjung bisa betah,\" terang Kepala UPTD Pasar, A Saupi saat ditemui di lokasi pasar Ramadan, Rabu (16/5) kemarin.

Hanya saja Saupi mengaku belum mengetahui jenis hiburan seperti apa yang akan ditampilkan oleh panitia. Karena menurutnya yang bertanggungjawab atas kegiatan hiburan tersebut adalah tim dari Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong.Kegiatan pasar ramadan sendiri, menurut Saupi akan dimulai sore ini, bahkan rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Rejang Lebong DR H A Hijazi SH MSi.

Kegiatan pasar Ramadan di Lapangan Setia Negara Curup sendiri dipastikan akan ramai, karena dari jumlah pedagang yang sudah mendaftar ke panitia sebanyak 159 orang. Dengan rincian 139 pedagang akan menempati tenda-tenda yang sudah disiapkan panitia, sedangkan sisanya akan menempati auning pasar kuliner yang dibangun pemerintah Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu tahun 2017 lalu.

Khusus untuk auning pasar kuliner, Saupi memastikan hanya akan diisi oleh pedagang-pedagang yang menjual dagangan dalam bentuk kering, seperti pakaian hingga pecah belah. Saupi memastikan tidak ada pedagang makanan khususnya yang menggunakan kompor untuk berdagang di auning pasar kuliner, karena dikhawatirkan akan merusak auning itu sendiri.

\"Khusus auning, yang kita perbolehkan adalah pedagang kain, pecah belah dan sejumlah pedagang dagangan kering lainnya,\" papar Saupi.

Untuk sewa lapak sendiri, panitia telah menetapkan sewa sebesar Rp 100 ribu untuk satu pedagang dalam satu bulannya. Sewa tersebut belum termasuk sewa keamanan saat malam hari. Hanya saja untuk sewa keamanan sendiri, menurut Saupi akan mereka serahkan sepenuhnya kepada para pedagang apakah nanti memerlukan penjaga malam atau tidaknya, jika pedagang memerlukan penjaga malam maka nanti pihaknya akan menugaskan Satgas pasar jaga malam.Sementara itu, untuk parkir kendaraan sendiri, dijelaskan Saupi, untuk parkir kendaraan roda empat ditempatkan disepanjang jalan yang ada di Lapangan Setia Negara sedangkan untuk kendaraan berada di dalam kawasan Lapangan Setia Negara.

\"Untuk teknis parkir sendiri, kita sepenuhnya serahkan kepada Dinas Perhubungan, karena parkir adalah tanggungjawab dinas perhubungan,\" paparnya.(251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: